Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tanjungpinang Fest 2024 Dimajukan 4 Agustus, Bakal Dibuka Menpar Sandiaga Uno
Oleh : Devi Handiani
Jumat | 02-08-2024 | 20:04 WIB
Tpi-Fest-2024.jpg Honda-Batam
Rapat finalisasi persiapan Tanjungpinang Fest 2024. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar rapat finalisasi persiapan Tanjungpinang Fest 2024 yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Zulhidayat di ruang rapat lantai 2 kantor wali kota Tanjungpinang, Kepri, Jum'at (2/8/2024).

Rapat ini dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, OPD terkait Pemko Tanjungpinang, panitia kopi merdeka, serta stakeholder lainnya.

Awalnya, Tanjungpinang Fest 2024 direncanakan dibuka pada 5 Agustus. Namun, untuk menyesuaikan dengan agenda Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, pelaksanaannya dimajukan menjadi 4-11 Agustus.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Guntur Sakti, menjelaskan penjemputan Menteri Sandiaga Uno telah dipersiapkan dari Pelabuhan Sri Bintan Pura hingga ke lokasi acara.

"Pada malam 4 Agustus, pak menteri akan meresmikan Tanjungpinang Fest dan Festival Kopi Merdeka 2024," kata Guntur.

Tanjungpinang Fest adalah salah satu dari 70 acara Kharisma Even Nusantara (KEN) 2024 yang menggali akulturasi seni dan budaya. Acara ini berkolaborasi dengan Kemenparekraf, Pemerintah Provinsi Kepri, Pemerintah Kota Tanjungpinang, Bank Indonesia perwakilan Kepri, komunitas Kopi Merdeka, pelaku seni dan budaya, serta masyarakat.

Selama delapan hari, Jalan Merdeka dan Teuku Umar akan diramaikan dengan pertunjukan seni, budaya, dan kuliner dari pelaku seni serta UMKM.

Sekretaris Daerah Zulhidayat berharap Tanjungpinang Fest 2024 dapat mencapai tujuannya, yaitu meningkatkan ekonomi dan kunjungan pariwisata di Tanjungpinang.

Even ini diharapkan menjadi wadah bagi UMKM untuk mempromosikan produknya dan memberikan ruang bagi pelaku seni untuk mengekspresikan kreativitas mereka.

"Kesuksesan acara ini sangat bergantung pada kerja sama dan dukungan dari semua pihak," ujar Zulhidayat.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Kopi Merdeka, Isnaini Bayu Wibowo, menambahkan persiapan acara telah dilakukan secara matang, mulai dari rundown acara hingga sajian hiburan.

"Kami sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan acara ini," pungkas Bowo.

Editor: Yudha