Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Calon 'Pengantin' ISIS' Ditangkap di Malaysia
Oleh : Redaksi
Minggu | 17-01-2016 | 08:29 WIB
kuala_lumpur_by_ap.jpg Honda-Batam
Sekurity di Menara Kembar Kuala Lumpur. (Foto: AP)

BATAMTODAY.COM, Kuala Lumpur - Pengamanan di Kuala Lumpur ditingkatkan setelah terjadi serangan di Jakarta pada 14 Januari 2016.


Tersangka "pengantin" atau "pengebom bunuh diri" kelompok yang menamakan diri Negara Islam (ISIS) yang mengaku akan melancarkan serangan di Malaysia ditahan oleh polisi.

Kepala polisi Malaysia, Khalid Abu Bakar, mengatakan warga Malaysia berusia 28 tahun tersebut ditangkap di dekat stasiun kereta di ibu kota Kuala Lumpur.

Khalid mengatakan pria ini mengaku siap meledakkan diri setelah menerima perintah dari ISIS di Suriah. Ketika rumahnya digeledah, polisi menemukan pisau dan sejumlah dokumen ISIS. Pria ini diketahui mengibarkan bendera ISIS di beberapa negara bagian di Malaysia.

Secara terpisah, tiga warga Malaysia ditahan di bandar udara Kuala Lumpur pada hari Senin (11/01), setelah pemerintah Turki memulangkan mereka menyusul penahanan pada 16 November.

Ketiga ditangkap di Turki karena mencoba masuk ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS.
Mereka direkrut ISIS melalui Facebook dan apliasi pesan Telegram, kata polisi Malaysia.

Dalam dua tahun terakhir aparat keamanan di Malaysia telah menangkap 150 orang yang kuat diduga memiliki kaitan dengan ISIS, beberapa di antaranya dicurigai merencanakan serangan di sejumlah tempat strategis di Kuala Lumpur.

Tingkat keamanan di Kuala Lumpur ditingkatkan setelah terjadi serangan teror di Jakarta. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani