Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Film 'Senyap' Masuk Nominasi Piala Oscar
Oleh : Redaksi
Sabtu | 16-01-2016 | 09:53 WIB

BATAMTODAY.COM - Film dokumenter Senyap atau The Look of Silence masuk dalam nominasi peraih Piala Oscar untuk kategori film dokumenter panjang tahun edar 2015.

Di situs web resmi Academy Awards, Senyap akan bersaing dengan beberapa film dokumenter lain seperti Amy (karya sutradara Asif Kapadia), Cartel Land (Matthew Heineman), What Happened Miss Simone? (Liz Garbus) dan Winter of Fire: Ukraine's Fight for Freedom (Evgeny Afineesky).

Senyap bercerita mengenai perjalanan seorang anggota keluarga korban pembantaian tertuduh Komunis tahun 1960-an di Sumatra Utara, Adi Rukun, yang menemui para pembunuh kakaknya.

Dalam pernyataannya, sutradara Joshua Oppenheimer dan produser Signe Byrge Sørensen berharap film ini dapat membantu orang Indonesia untuk 'menyampaikan kerinduannya akan hadirnya kebenaran, keadilan dan penyembuhan'.

Pembicaraan tentang 1965
Menanggapi nominasi ini, pengajar Universitas Bina Nusantara dan kritikus film, Windu Jusuf, tidak mengganggap nominasi itu terlalu penting karena bersifat promosional saja.

Windu justru menyoroti keberhasilan film tersebur dalam memperluas pembicaraan mengenai peristiwa seputar 1965 di Indonesia.

"Film ini berhasil membuat orang membicarakan peristiwa 1965 secara luas, dari yang tadinya hanya didominasi oleh para pegiat, hingga meluas bahkan ke pelajar SMA," kata Windu kepada BBC Indonesia.

Di Indonesia, Senyap beredar secara terbatas karena tidak diloloskan oleh Lembaga Sensor Film untuk ditayangkan kepada publik secara luas dan diputar terbatas di komunitas-komunitas dan sempat memicu konflik.

Pengumuman pemenang Piala Oscar akan diumumkan 28 Februari mendatang.

Tahun lalu, The Act of Killing atau Jagal -yang bisa disebut sebagai bagian pertama dari karya Joshua Oppenheimer yang menuturkan pembunuhan massal 1965 di Indonesia- juga dinominasikan untuk mendapat Oscar namun tidak terpilih.

Sumber: BBC