Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemko Batam Berencana Pasok Kebutuhan Pangan dari Jambi
Oleh : Ahmad Rohmadi
Kamis | 14-01-2016 | 11:37 WIB
gintoyono.jpg Honda-Batam
Asisten II Pemko Batam Gintoyono Batong.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota (Pemko) Batam berencana akan mendatangkan beragam komuditas pangan dari Jambi sebagai tindaklanjut MoU yang sudah dilaksanakan antara kedua pemerintah daerah.

Asisten II Pemko Batam Gintoyono Batong mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengumpulkan seluruh distributor yang ada di Batam dan akan memfasilitasi pertemuan antara penyalur tersebut dengan para petani yang ada di Provinsi Jambi.

"Kita akan ajak distributor Batam ke lumbung pertanian di sana, agar dapat melakukan transaksi langsung dengan para petani setempat," kata Gintoyono, Kamis (14/1/2015).

Ia menjelaskan bahwa Provinsi Jambi akan melakukan panen raya pada bulan Februari, karena itu dengan kunjungan nanti menurutnya para distributor dapat melakukan transaksi langsung dengan para petani dan harga yang didapat bisa lebih murah. 

Namun Gintoyono belum dapat memastikan berapa banyak distributor yang ada di Batam saat ini dan ia menjelaskan kerjasama dilakukan dengan Jambi, karena yang paling dekat dan memiliki pangsa yang besar. 

Sedangkan untuk jalur distribusi yang dapat dilakukan oleh pihak distributor dapat melalui penyeberangan Kuala Tungkal-Lingga-Batam dengan menggunakan kapal roro. 

"Kalau pakai roro itu kan enak, bisa sekalian truk-truknya masuk langsung. Jadi kita juga berharap roro jalurnya itu selesai tahun ini, jadi ongkos pun bisa dipangkas," katanya.

Editor: Dodo