Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pencapaian Kanwil BC Kepri 2015 Tak Capai Target
Oleh : Nursali
Kamis | 07-01-2016 | 18:11 WIB
IMG_20160107_171528.jpg Honda-Batam
Kepala Kanwil DJBC Khusus Kepri, Parjiya dan jajarannya saat menyampaikan pers confrence di Karimun. (Foto: Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sepanjang 2015, Kantor Wilayah Direktorat Jendral Bea dan Cukai (Kanwil DJBC) Khusus Kepri telah menyerahkan Rp10,4 miliar ke kas negara. Uang itu merupakan hasil dari capaian kinerja penerimaan, penindakan dan penanganan barang hasil penindakan.


Kepala Kanwil DJBC Khusus Kepri, Parjiya, mengatakan, angka tersebut tidak mencapai target mereka. Awal tahun lalu, pihaknya menargetkan Rp351 miliar, sedangkan yang mampu dicapai sebesar Rp261 miliar.

"Ini terjadi karena kondisi global terkait nilai ataupun harga bahan bakar minyak yang diimpor di KPDJBC Tanjungpinang. Karena kebetulan penerimaan kita itu di atas 90 persen dari bahan baku BBM," tutur Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Bea dan Cukai (Kanwil DJBC) Khusus Kepri, Parjiya dalam konfrensi pers pencapaian kinerja DJBC Khusus Kepri di Kantornya. Kamis (7/1/2016).

Ia mengatakan, target yang tidak tercapai ini memang tidak bisa dihindari. Karena faktor eksternal berupa nilai dari barang tersebut yang notabene hanya 50 persen dari nilai dibanding tahun 2014.

"Tapi saya pesan dengan teman-teman, kalau dalam sisi penerimaan kita mines, tolong dalam sisi pengawasan lebih giat," katanya lagi.

Ia menambahkan sepanjang tahun 2015, pihaknya telah melakukan 181 kali penindakan, dimana dalam penindakan tersebut ada beberapa penindakan yang dianggap menonjol seperti Ballpress, bawang, ammonium nitrate, beras, dan gula.

"Kemudian penindakan ekspor juga kita lakukan penindakan," pungkasnya

Editor: Dardani