Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Siapkan Tim Khusus Angkutan Lebaran Atasi Opera

Syahbandar Siapkan Boarding Khusus Antisipasi Kelebihan Penumpang
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Jum'at | 05-08-2011 | 12:08 WIB
sekupang_pelabuhan.jpg Honda-Batam

Pelabuhan domestik Sekupang. (Foto: Istimewa)

BATAM, batamtoday - Syahbandar pelabuhan domestik Sekupang akan menyiapkan dua tim khusus guna mengantisipasi adanya operator nakal agar tidak terjadi kelebihan kapasitas muatan penumpang saat mudik lebaran nanti.

Kepala Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang, Erwin kepada batamtoday pada Jumat, 5 Agustus 2011 menjelaskan lonjakan penumpang biasanya terjadi tujuh hari menjelang Lebaran baik penumpang antar pulau maupun penumpang antar propinsi tujuan Dumai maupun Pekanbaru.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan yaitu adanya kelebihan kapasitas penumpang yang bisa membahayakan keselamatan pelayaran, pihaknya melakukan tindakan antisipasi dengan membentuk dua tim. Syahbandar mempersiapkan boarding khusus, dimana penumpang hanya bisa naik apabila telah memiliki boarding tersebut.

"Meskipun dia punya tiket, saat naik harus tunjukkan boarding khusus tersebut. Apabila tidak ada maka tidak diperkenankan naik ke kapal Fery, karena berarti dia telah melebihi kuota penumpang sesuai standar kapasitas penumpang kapal tersebut. Ini untuk menghindari kenakalan dari para operator kapal," terang Erwin.

Erwin juga mengatakan bahwa saat mudik lebaran nanti semua penumpang akan tertampung. Syahbandar telah mempersiapkan armada cadangan yang sewaktu-waktu siap untuk diberangkatkan. "Kapal fery standby semua dan ada kapal cadangan," katanya.

Khusus untuk tujuan Dumai dan Pekanbaru, armada kapal fery sudah memadai. Tersedia 10 sampai 15 kapal yang siap diberangkatkan, fery Dumai Express ada 11 unit dan Batam Fast ada 4 unit. "Untuk tujuan luar provinsi juga sudah siap semua," ujarnya.