Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Investor Butuh Kepastian Hukum Berinvestasi di Batam
Oleh : Ahmad Rohmadi
Kamis | 07-01-2016 | 09:18 WIB
IMG_20160106_145603_1452121038059.jpg Honda-Batam
General Manager PT Batamindo Investment Cakrawala, Mook Sooi Wah. (Foto: Ahmad Rohmadi) 

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah yang tidak tegas dalam mengambil keputusan terkait dunia investasi di Batam membuat semakin bingung para investor yang menanamkan modalnya di Batam.


Meski Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Mustofa Widjaja sudah menjelaskan dan memastikan tidak akan ada yang berubah terkait BP Batam, hal itu dinilai belum cukup untuk meredakan kegelisahan bagi investor. Baca: Mustofa Pastikan Tak Ada Perubahan Soal Status BP Batam

General Manager PT Batamindo Investment Cakrawala, Mook Sooi Wah, mengakui bahwa penjelasan dari BP Batam yang mengatakan bahwa apapun keputusan pemerintah pusat nantinya akan membuat iklim investasi di Batam lebih baik, sedikit melegakan bagi investor.

Namun, menurutnya bahwa para investor saat ini menginginkan stabilitas dan kepastian hukum untuk investasi, karena itu berharap permasalahan tersebut bisa segera diselesaikan.

"Sehingga urusan terkait investasi bisa berada di satu pintu saja. Tak masalah siapa yang akan memegang otoritas terkait investasi di Batam, apakah BP Batam atau Pemko Batam," kata Mook Sooi Wah usai acara ramah tamah dengan BP Batam, Rabu (7/1/2015)

Tanpa stabilitas, tambahnya, investor-investor dari Amerika, Eropa atau Jepang akan susah membuat keputusan untuk menanamkan jutaan dollar modalnya di Batam.

Sampai saat ini, Mook mengaku belum tahu apa yang sebenarnya terjadi ke depannya. Karena itu pihaknya masih menunggu dan mencoba memprediksi apa yang akan terjadi ke depannya terkait investasi di Batam.

"Kami datang ke sini (BP Batam) juga untuk mencari tahu, sebenarnya apa yang akan terjadi. Sehingga kami bisa memberikan pesan dan menjelaskan kepada tenant-tenant kami di Batamindo kondisi terbaru," katanya

Tetapai, kata Mook, tidak ada pernyataan yang tegas dari Kepala BP Batam mengenai apa yang akan terjadi ke depannya. Yang disampaikan hanya menjanjikan kondisi investasi akan lebih baik. Baca juga: Pemerintah akan Berikan Kepastian Hukum dan Iklim Investasi yang Kondusif di BBK

"Kami masih tetap berpandangan positif. Kami melihat pemerintah memperhatikan keresahan kami, dan merespon dengan baik. Kami berharap pemerintah akan menemukan solusi terbaik untuk meningkatkan layanan," katanya.

Editor: Dardani