Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hadapi MEA, UKM Batam Andalkan Hasil Laut
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 05-01-2016 | 16:09 WIB
gonggong.jpg Honda-Batam
Inilah gonggong, salah satu andalan hasil laut khas Batam. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Diberlakukanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), UKM (Usaha Kecil Menengah) Kota Batam akan kedepankan laut dalam sektor makanan.


"Kita akan kedepankan makanan khas laut dalam mengahadapi MEA. Kita juga sudah rapat dengan stackesholders yang ada, untuk menyikapi hal ini," ujar Pebrialin, Kadis Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koprasi dan Usaha Kecil Menengah (PMPKUKM) Kota Batam, Rabu, (05/01/2016).

Memang di Kepri khususnya di Batam, sangat terkenal makanan khas laut, hal itu yang harus dikedepankan Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam bentuk makanan.

"Persiapannya untuk UKM memang tidak sampai 100 persen. Tapi kita himbau agar meningkatkan daya tarik makanan khas melayu dengan kedepankan laut," ujarnya.

Pebrialin juga berharap para pelaku UKM memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan berani memasarkan hasil produksinya secara global, agar tidak hanya menjadi penonton pada era pasar bebas, MEA.

Hal itu pihaknya dalam waktu dekat akan berkordinasi dengan kementrian terkait,untuk membantu mempromosikan dan memperluas jaringan pemasaran.

"Pelaku UKM harus percaya diri dan berani memasarkan produk secara global. Karena di Batam sudah banyak dimanfaatkan UKM dalam  produk-produk kerajinan kayu," pungkasnya.

Editor: Dardani