Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Awal Tahun, Harga Bawang Merah di Lingga Melambung
Oleh : Nur Jali
Senin | 04-01-2016 | 10:58 WIB
pedagang-bawang-dabo.jpg Honda-Batam
Pedagang sayuran dan bumbu di Pasar Dabo Lingga. Harga bawang merah terpantau melambung di awal tahun 2016. (Foto: Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Awal tahun ini harga sejumlah bahan bumbu dan sayuran di Lingga mulai beranjak naik. Bahkan, bawang merah yang sebelumnya dijual Rp 20 ribu, di awal tahun ini mencapai Rp 35 ribu per kilogramnya.

"Yang naik tinggi, bawang merah, cabai merah dan semua sayur sekarang lagi tinggi-tingginya," kata Junaidi, salah satu pedagang di Pasar Dabo, Lingga, Senin (4/1/2016).

Kenaikan harga ini dipicu cuaca dan kondisi laut yang tidak bersahabat, sehingga pasokan barang dari Jambi dan Batam tidak banyak yang masuk. Selain itu, bencana banjir juga membuat beberapa kebun masyarakat terendam banjir.

"Mungkin cuaca buruk, sehingga pasokan barang dari Jambi dan Batam berkurang, kalau lokal tidak bisa terpenuhi," ungkapnya.

Selain itu, harga bawang merah ini naik sejak akhir Desember hingga sekarang karena minimnya stok. "Sejak akhir bulan Desember sekarang, sampai sekarang belum juga turun,karena sulit didapat," ungkapnya.

Editor: Dodo