Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Karena Sakit dan Melahirkan

Dua Warga Srilanka Diturunkan Dari Kapal
Oleh : charles/ sn
Kamis | 04-08-2011 | 17:07 WIB
Kapal_MV.Alicia_yang_digunakan_Imigran_Gelap_WN.Srilanka.JPG Honda-Batam

Warga Srilanka di kapal MV Alicia. batamtoday/ charles

TANJUNGPINANG, batamtoday - Akibat menderita sakit dan mau melahirkan, dua imigran Srilanka diturunkan dari kapal MV Alicia. Kedua imigran yang belum diketahu namanya itu, diturunkan Dinas Kesehatan dan Karantina Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang, Rabu, 3 Agustus 2011.

Kepala Imigrasi Tanjungpinang Hasan Basri mengatakan, kedua imigran Srilanka yang diturunkan itu, terdiri dari satu orang laki-laki karena menderita penyakit hernia dan satu orang wanita atau ibu yang hamil karena akan melahirkan.

"Kemarin keduanya sempat dirujuk dan diberikan perawatan di RSAL Midiyato Tanjungpinang. Saat ini satu orang lagi sudah dikembalikan dan tinggal ibu yang sedag hamil dan akan melahirkan yang dirujuk dan dirawat ke Rumah Sakit TNIAL Midyanto Tanjungpinang," ujarnya kepada batamtoday, Kamis 4 Agustus 2011.

Ditanya mengenai penanganannya, Hasan Basri menyebutkan bahwa sampai saat ini masih tetap dilakukan monitoring dan negosiasi paska menolakan turun. Sebab kalau tetap dipaksakan turun, akan semakin ribet di penampungan Rudenim Pusat Tanjungpinang.

"Saat ini kita tetap monitor terus sambil bernegosiasi. Karena kita juga sulit untuk memaksa mereka untuk turun, dan kita berharap nantinya ke 87 imigran Srilanka itu turun dengan kesadaran sendiri," ucap Basri.