Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bulan Ramadhan

Pengamanan Obyek Vital Diperketat
Oleh : Hendra Zaimi/ sn
Kamis | 04-08-2011 | 16:12 WIB
soleeh.jpg Honda-Batam

Kabag Ops Polresta Barelang, Kompol Sholeh, bersama anggotanya sedang melakukan patroli di salah satu bank di daerah Nagoya. batamtoday/ hendra zaimi

BATAM, batamtoday - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Batam, Rempang dan galang (Barelang) melakukan pengamanan ekstra di bulan Ramadhan. Penjagaan sejumlah objek vital di Kota Batam diperketat selama Ramdahan dan menghadapi lebaran.

Polresta Barelang membentuk regu khusus untuk diterjunkan melakukan pengawasan ke setiap obyek vital seperti bank, money changer dan konter ATM, yang dianggap ramai dan rawan kejahatan.

Pantauan batamtoday, Kamis sore 4 Agustus 2011, puluhan anggota polisi dari Satuan Samapta melakukan patroli dan pemeriksaan ke sejumlah bank, money changer dan konter ATM, di berbagai sudut Kota Batam.

"Patroli ini kami lakukan mulai pagi hingga sore hampir di setiap conter ATM dan money changer di Batam. Hal ini dilakukan untuk mengamankan obyek vital selama Ramadhan dan jelang lebaran," ujar Kabag Ops Polresta Barelang, Kompol Moch Sholeh.

Sholeh menambahkan, semua obyek vital yang dipantau ketat adalah kawasan bank dan tempat-tempat umum. Kawasan ini ditengarai rawan menjadi sasaran tindak kriminal selama bulan puasa. Selain itu, jadwal patroli juga makin ditingkatkan.

"Setiap malam, ada satu perwira khusus yang memimpin kendali operasi selama puasa. Intinya, semua diperketat agar aksi kriminal dapat diminimalisir,'' ucapnya lagi.

Pusat perbelanjaan juga mendapat atensi khusus pengamanan, terutama yang memiliki banyak conter ATM. Selama ini, conter ATM kerap kali menjadi sasaran empuk para pelaku kejahatan. Beberapa daerah yang dianggap rawan kejahatan di antaranya kawasan Batu Aji dan Sagulung, juga ditingkatkan pengamanan patroli oleh polisi.

Namun fokus dalam patroli ini adalah pengamanan obyek vital seperti bank, money changer dan konter ATM. Untuk bank yang memiliki nasabah yang ramai, pihak kepolisian juga akan memberikan pengawasan lebih ekstra.

Sholeh juga menghimbau kepada nasabah untuk berhati-hati dalam melakukan transaksi. Bila mengambil uang dalam jumlah besar, harap meminta pengawalan polisi.