Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dahlan Optimis APBD 2016 Disahkan Sebelum Tahun Baru
Oleh : Ahmad Rohmadi
Rabu | 23-12-2015 | 17:43 WIB
dahlan-baru2.jpg Honda-Batam
Wali Kota Batam Ahmad Dahlan.

BATAMTODAY.COM, Batam - Meskipun tahun 2015 tinggal menyisakan waktu sepekan lagi, Wali Kota Ahmad Dahlan optimis Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam disahkan sebelum memasuki tahun baru.

"Pembahasan itu kan pekerjaan yang rutin jadi hanya beberapa item saja yang bisa dirubah bukan yang Rp 2,5 triliun itu bisa dirubah semua," kata Dahlan usai Rapat Paripurna tanggapan wali kota tehadap pemandangan umum Fraksi atas rancangan perda APBD 2016 di DPRD, Rabu (23/12/2015).

Terkait beberapa catatan yang disampaikan Fraksi di DPRD Batam, Dahlan mengaku sudah menyampaikan alasannya pada rapat Paripurna yang dimulai sekitar pukul 14.00 WIB tersebut.

Diantaranya adalah menanggapi Fraksi PDI Perjuangan tentang turunnya retribusi daerah tahun 2015 yang menurutnya hal itu terjadi karena disebabkan banyak faktor.

"Seperti retribusi parkir di tepi jalan umum disebab karena adanya perbuhan objek menjadi pajak parkir," katanya

Kemudian penurunan retribusi IMB disebabkan pembangunan perumahan dan industri skala besar disamping itu juga belum maksimalnya pengawasan objek IMB. Selain itu retribusi izin mempekerjakan tenaga asing (IMTA) di karenakan menurunya kegiatan sektor industri terutama galangan kapal.

Sedangkan terkait Pembangunan Infrastruktur Kelurahan (PIK), Dahlan jelaskan bahwa pelaksanaannya sudah sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Namun dalam proses perencanaannya tetap memperhatikan usulan dari kelompok swadaya masyarakat dimasing-masing kelurahan yang diusulkan melalui SKPD terkait dan dibahas bersama DPRD Kota Batam," jelasnya.

Sementara, Paripurna selanjutnya dengan agenda pengesahan Perda APBD 2016 dijadwalkan pada tanggal 30 Desember 2015 mendatang. Meskipun ada beberapa pembahasan di Komisi belum yang belum selesai.

"Setelah diskusi bersama dengan ketua-ketua Fraksi maka diputuskan bahwa Paripurna selanjutanya sesuai dengan yang dijadwalkan oleh Banmus (Badan Musyawarah)," kata Wakil Ketua I DPRD Batam, Zainal Abidin memimpin Paripurna.

Editor: Dodo