Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mantap, Kejati Kepri Raih Penghargaan Kejati Terbaik Tahun 2015‎
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 17-12-2015 | 09:18 WIB
kej.jpg Honda-Batam
Kejaksaan Tinggi Kepri ditetapkan sebagai Kejati nomor wahid terbaik dan berprestasi se-Indonesia (foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri ditetapkan sebagai Kejaksaan Tinggi Terbaik dan berprestasi se-Indonesia. Penetapan itu dilakukan dari hasil penilaian Tim Sidhak Karya yang dinakhodai Wakil Kejaksaan Agung-RI beberapa waktu lalu. Dan a‎tas prestasi tersebut, Kejaksaan Tinggi Kepri dihadiahi penghargaan.

Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri, melalui Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Kejati Kepri, Ichwan Efendi, mengatakan, diraihnya penghargaan Sidhak Karya oleh Kejati Kepri itu berkat kerjasama yang baik seluruh pegawai di Kejati Kepri, serta inovasi-inovasi yang dibuat sepanjang tahun 2015 ini.

"Ini berkat kerja keras teman-teman di Kejati Kepri, sehingga kami berhasil meraih penghargaan Sidhak Karya Tahun 2015," ujar Ichwan kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (16/12/2015) diruangannya.

Lebih jauh dikatakannya, dalam penentuan meraih penghargaan tersebut, Kejati Kepri dinilai memiliki sejumlah keunggulan dibanding empat Kejati lainnya yang masuk nominator. Salah satu keunggulan Kejati Kepri yakni tidak-adanya tunggakan perkara. "Dari 16 kasus yang dilakukan penyidikan, semua tuntas hingga ke penuntutan," terangnya.

Keunggulan Kejati Kepri lainnya di Bidang Pembinaan, yakni menggunakan teknologi persuratan asal Jepang yang bernama Kanji Tegami. Teori ini sangat sederhana dipergunakan dalam surat menyurat, sehingga tidak ada satu pun surat yang didisposisi yang tidak dibalas, semua diselesaikan secara cepat. Administrasi dibuat dari nomor satu hingga nomor 31, sesuai tanggal setiap bulan. Manajemen persuratan ini dilaksanakan, sehingga administrasi berjalan tertib. Sebab tidak ada satu suratpun yang terlewati karena semua terekam secara tertib dan lancar.

"Nah yang paling menarik itu, penilaian di bidang penanganan perkara korupsi. Dimana penanganan kasus korupsi dari sejumlah Kejari di pulau - pulau itu-kan banyak membawa barang bukti. Jadi agar barang bukti tidak dibawa pulang pergi, Kejati Kepri menyediakan ruang khusus untuk menyimpan barang bukti tersebut," ujarnya.

Adapun penyerahan penghargaan Kejati terbaik Sidhak Karya ini, langsung diserahkan Kepala Kejaksaan Agung (Kajagung), Muhammad Prasetyo kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri di Kejaksaan Agung Jakarta pada hari ini.

Sedangkan Kejaksaan Tinggi terbaik di peringkat kedua, dari penilaiaan Tim Sidhak Karya Kejagung adalah Kejati Sumatera Selatan (Sumsel). Sementara di tempat ketiga diraih Kejati Jawa Tengah dan peringkat keempat diraih Kejati Jogjakarta. Dan di peringkat terakhir lima besar Kejati terbaik se Indonesia itu diraih Kejati Riau.

Editor: Udin