Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rekor, Sepekan Dr Aqua Dwipayana Sepuluh Kali Sharing Komunikasi di Tiga Provinsi
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 02-08-2024 | 09:04 WIB
AR-BTD-5270-Dr-Aqua.jpg Honda-Batam
Dr Aqua Dwipayana mencetak rekor sharing komunikasi dan motivasi di tiga provinsi dalam sepekan. (Foto: J5NEWSROOM.COM)

BATAMTODAY.COM, Yogyakarta - Melalui Sharing Komunikasi dan Motivasi yang marathon dilakukan selama 20 tahun terakhir, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana berhasil memberikan semangat baru bagi lebih dari dua juta orang dari berbagai latar belakang. Mereka mengaku terinspirasi dan mendapatkan banyak wawasan berharga yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari setelah menyimak penyampaian inspiratif dari pria rendah hati itu.

Pada pekan lalu, setelah melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi dalam dua dekade terakhir, untuk pertama kali Dr Aqua Dwipayana secara spartan menyampaikan hal serupa dalam sepuluh sesi di tiga provinsi. Hal ini tentu mempersyaratkan ketangguhan fisik dan mental.

Bagaimana seorang motivator sekelas Dr Aqua Dwipayana mampu bertahan dan memberikan penampilan terbaiknya dalam sepuluh sesi sharing secara berturut-turut di tiga provinsi? Di balik kesuksesannya, terdapat rahasia energi tak terbatas yang menjadi inspirasi bagi banyak orang.

"Saya selalu menjalaninya dengan ikhlas. Ini semua saya anggap rezeki dan amanah yang tidak bisa saya abaikan. Meskipun permintaan untuk memberikan sharing tersebut dilakukan secara mendadak, sepanjang saya memiliki waktu insyaAllah saya lakukan dengan sepenuh hati," ucap Dr Aqua Dwipayana.

Inti Komunikasi

Dalam setiap kesempatan berbicara di berbagai organisasi dan lembaga, Dr Aqua Dwipayana selalu menyoroti pentingnya komunikasi. Menurut beliau, komunikasi menjadi kunci keberhasilan dalam berbagai aspek kehidupan, baik pribadi maupun profesional.

Pria yang sudah mengumrahkan gratis lebih dari 160 orang dari hasil penjualan buku-bukunya itu dan sumbangan para donatur, konsisten mengangkat tema komunikasi pada setiap materi yang disampaikannya. Baik dalam acara perusahaan, seminar, maupun kegiatan komunitas, bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu selalu menekankan betapa krusialnya komunikasi yang efektif dalam membangun hubungan, mencapai tujuan, dan mengatasi berbagai tantangan.

Melalui pengalamannya sebagai seorang komunikator berpengalaman, Dr Aqua Dwipayana mampu menyajikan materi yang relevan dan inspiratif. Ia tidak hanya membahas teori komunikasi, namun juga memberikan contoh-contoh nyata serta tips praktis yang dapat langsung diterapkan oleh audiens baik di berbagai wilayah Tanah Air maupun mancanegara.

"Komunikasi adalah jantung dari segala aktivitas manusia. Tanpa komunikasi yang baik, kita tidak akan bisa bekerja sama, berinovasi, dan mencapai kesuksesan," ujar Dr Aqua Dwipayana dalam sebuah acara Sharing Komunikasi dan Motivasi.

Dalam setiap kesempatan, Dr Aqua Dwipayana yang hobi silaturahim selalu mengingatkan bahwa komunikasi bukan hanya tentang menyampaikan pesan, tetapi juga mengenai menyimak, memahami, dan membangun empati.

Nyaris Tanpa Jeda

Selasa hingga Sabtu, 23 sampai 27 Juli 2024, doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut nyaris tanpa jeda melaksanakan sharing sebanyak 10 sesi di tiga provinsi yakni Sulawesi Utara (Sulut), Gorontalo, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Semua sharing itu dilaksanakan di berbagai lembaga yang berbeda, mulai di lingkungan TNI dan Polri, lembaga penyiaran publik (LPP) TVRI, KONI, Hotel Novotel Manado Golf Resort & Convention Center Manado, hingga perguran tinggi yakni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro.

"Alhamdulillah, ini menjadi pengalaman pertama saya dalam perjalanan dua dekade menjalankan Sharing Komunikasi dan Motivasi ke berbagai wilayah tanah air. Hal ini juga berkat dukungan, doa, serta terutama amanah dari semua teman-teman yang meminta saya untuk memberikan materi sharing ke berbagai pihak. Tentu ini rezeki sekaligus kepercayaan kepada saya," ucap Dr Aqua Dwipayana

Sharing pertama Dr Aqua Dwipayana dimulai Selasa 23 Juli 2024. Penulis buku super best seller Trilogi The Power of Silaturahim itu berbicara di lingkungan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado. Memenuhi undangan komandannya Laksma TNI Nouldy J. Tangka.

Sekitar 300 personel TNI Angkatan Laut menyimak paparan Dr Aqua Dwipayana yang bertajuk "Optimalisasi Kemampuan Komunikasi Personel Lantamal VIII dalam Rangka Mendukung Tugas TNI AL" yang dilangsungkan di Satuan Patroli Lantamal VIII Jalan Samuel Languyu Kecamatan Aertembaga, Kota Bitung, Sulawesi Utara.

Selain jajaran Lantamal VIII, juga hadir Komandan Pasukan Marinir 2 Surabaya Brigjen TNI Mar Muhammad Nadir beserta jajarannya, Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmada 2 Laksma TNI Teguh Prasetya bersama para anggotanya.

Kemudian, Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat itu beranjak ke lingkungan Kepolisian Republik Indonesia guna melanjutkan rangkaian Sharing Komunikasi dan Motivasi di 34 Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) seluruh Indonesia.

Pada sharing ke-27 dari rencana 34 Ditpolairud di Tanah Air tersebut, Dr Aqua Dwipayana menyampaikan materi sharing bertajuk "Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Personel dalam Menghadapi Tantangan Tugas di Wilayah Perairan Sulawesi Utara" di Gedung Griya Baku Dapa Mako Ditpolairud Polda Sulut, Sario Utara, Kecamatan Sario, Kota Bitung, Sulut.

Setelah berbincang di hadapan ratusan personel Lantamal VIII Manado dan Ditpolairud Polda Sulut, Dr Aqua Dwipayana berbicara di hadapan sekitar 110 pelaku olahraga (atlet, pelatih, dan manajer) dari Tim Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sulawesi Utara di bawah koordinasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulut.

Sharing dari Dr Aqua Dwipayana yang bertajuk “Membangun Mental Juara Meraih Prestasi Menuju PON XXI” itu digelar Selasa 23 Juli 2024 siang di Hotel Yama Tondano, Minahasa.

Perjalanan 20 Jam

Kiprah Dr Aqua Dwipayana dalam lawatan ke Provinsi 'Nyiur Melambai' Sulut masih berlanjut pada Rabu 24 Juli 2024. Setelah sebelumnya menyampaikan Sharing Motivasi dan Komunikasi di tiga lembaga berbeda di Kota Bitung dan Minahasa, bapak dua anak itu kemudian melawat ke Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tahuna.

Di sana, Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat itu menyampaikan materi sharing bertajuk "Optimalisasi Kemampuan Komunikasi Personel Lanal Tahuna dalam Rangka Mendukung Tugas TNI AL". Sharing berlangsung di Mako Lanal Tahuna, Bungalawang, Kecamatan Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulut. Dalam paparan menjelang sharing, Dr Aqua Dwipayana mengatakan diplomasi militer, khususnya yang dilakukan oleh TNI Angkatan Laut memainkan peran vital dalam menjaga stabilitas regional dan internasional.

Selanjutnya, pada Kamis 25 April 2024, ada tiga lembaga yang disambangi Dr Aqua Dwipayana, yakni TVRI Sulut, Hotel Novotel Manado Golf Resort & Convention Center Manado, dan Gugus Keamanan Laut Komando Armada (Guskamla Koarmada) II di Kota Bitung. Sharing di tiga lembaga tersebut turut melengkapi lawatan bapak dua anak itu selama kehadirannya di ujung utara Pulau Celebes ini.

Dalam kehadirannya di TVRI Sulut, pria dengan jejaring pertemanan sangat luas itu menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk "Soliditas untuk Kreativitas yang Menembus Batas". Sharing kepada puluhan karyawan TVRI Sulut itu digelar di  ruang rapat TVRI Sulut Jl. Televisi, Tikala Banjer, Kota Manado, Sulut.

Dr Aqua Dwipayana kemudian sharing di Guskamla Koarmada II. Komandannya Laksma TNI Teguh Prasetya yang mengundangnya.

Pria kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara, 23 Januari 1970 itu menyampaikan materi sharing bertajuk “Memperkuat Moralitas Prajurit Guskamla Koarmada II dalam Menghadapi Dinamika Tantangan Global” di Ruang Serbaguna Mako Guskamla Koarmada II Jalan Dr Sam Ratulangi No. 45 Kelurahan Bitung Barat Dua, Kecamatan Maesa, Kota Bitung, Sulut.

Setelah itu Dr Aqua Dwipayana Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Communication with Impact” kepada puluhan personel Hotel Novotel Manado Golf & Convention Center di Wasabi Meeting Room lantai 3 hotel tersebut. Acara dipimpin General Manager hotel itu Whisnu Wijaya yang baru kembali dari menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Selama di Manado, Dr Aqua Dwipayana menginap di Hotel Novotel Manado. Whisnu menyediakan kamar terbaik untuk teman akrabnya itu.

Dalam paparan menjelang sharing, Dr Aqua Dwipayana menuturkan  bahwa dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat, industri perhotelan dituntut untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu.

Setelah selama tiga hari berkiprah dalam rangkaian silaturahim dan sharing di Sulut, menjelang akhir pekan, Dr Aqua Dwipayana beranjak ke Provinsi Gorontalo. Di wilayah yang terletak di Teluk Tomini tersebut, mantan wartawan di banyak media besar ini melanjutkan kiprah sharing di lingkungan Lanal Gorontalo.

Dari Manado, Dr Aqua Dwipayana jalan darat ke Gorontalo. Danlantamal VIII Manado Laksma TNI Nouldy J Tangka meminjamkan mobil dan dua prajurit terbaiknya untuk mendamping motivator kawakan itu. Mereka adalah Kopka Muhammad Anas dan Koptu Arif Joko Saptono.

Mereka bertiga menempuh perjalanan sekitar 20 jam Manado - Gorontalo Pp. Itu termasuk istirahat makan malam.

Dr Aqua menyampaikan materi Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk "Meningkatkan Profesionalisme Prajurit sebagai Jalan Menuju Kejayaan Angkatan Laut 'Jalesveva Jayamahe'" pada Jumat 26 Juli 2024 di Gedung Payungga Mako Lanal Gorontalo Jln. R. Atje Slamet, Kelurahan Leato Selatan, Kecamatan Dumboraya, Kota Gorontalo, Sulawesi Utara (Sulut). Komandannya Letkol Laut (P) Martha Novalianto yang memimpin acara tersebut.

Kehadiran Dr Aqua Dwipayana di Kota "Serambi Madinah" Gorontalo kian semarak dan lengkap dengan penyampaian Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada sekitar 120 pelaku olahraga (atlet, pelatih, manajer, dan pengurus KONI) dari Tim PON XXI 2024 di Aceh dan Sumut pada September 2024 mendatang.

Sharing Komunikasi dan Motivasi Bertajuk “Sang Juara itu Diciptakan Bukan Dilahirkan” tersebut digelar Jumat 26 April 2024 di New Rahmat Hotel Jl. Aloe Saboe No. 108 Kota Gorontalo. Dipimpin Ketua Umum KONI Gorontalo MN H. Fikram AZ. Salilama.

Terakhir, pada Sabtu 27 Juli 2024 sore, Dr Aqua Dwipayana berbicara di hadapan lebih dari 150 dosen dan tendik di lingkungan  Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro yang tengah melakukan lawatan ke Kota Yogyakarta.

Pria rendah hati itu menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk "Penerapan Etika Kerja dalam Membangun Lingkungan Akademik yang Positif", di Hotel Amaranta Prambanan Dawangsari 02/03 No. 45, Sambirejo, Prambanan, Sleman Regency, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.*

Editor: Dardani