Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masyarakat Dukung TNI-Polri Tegakkan Hukum Ciptakan Pilkada Bersih
Oleh : Romi Chandra
Sabtu | 12-12-2015 | 14:29 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Keberadaan aparat TNI maupun Polri yang turut serta mengamankan jalannya pemilihan kepala daerah yang dilakukan serentak pada 9 Desember kemarin, hingga proses penghitungan suara yang masih berlangsung hingga saat ini, sangat didukung masyarakat.

Pasalnya, hal itu bisa menekan bahkan menggagalkan niat mereka yang ingin melakukan kecurangan dalam pesta demokrasi ini. Baca: Selama Tak Mengganggu Rekapitulasi, Tak Masalah TNI Back-up Keamanan di PPK

Seperti disampaikan Hendra, salah satu warga Bengkong yang ditemui tengah berada di PPK Bengkong saat mengamati jalannya penghitungan suara tingkat kecamatan. Ia menyebutkan, dibandingkan dengan pemilihan presiden dan legislatif lalu, justru pemilihan kepala daerah kali ini berjalan dengan lancar saat pencoblosan.

Bahkan, sangat sedikit ditemukan adanya money politik yang sering dilakukan malam hingga subuh sebelum pencoblosan dilakukan, atau lebih dikenal dengan 'serangan fajar'.

"Bukan tidak ada, tapi pada pilkada kali ini tidak banyak kecurangan yang terjadi. Hal itu karena aparat seperti TNI dan Polri dari jauh hari sudah mengontrol dan turun ke masyarakat untuk mencegah kecurangan itu terjadi," ungkapnya, Sabtu (12/12/2015).

Adanya indikasi money politik yang ditemukan TNI dari salah satu paslon itu, menurutnya, merupakan bukti bahwa aparat tidak hanya sekedar memantau, tapi bekerja. "Kami sangat mendukung tindakan yang dilakukan. Sekarang apapun yang terjadi, masyarakat kita bukan orang bodoh lagi, mereka bisa menilai mana yang betul dan mana yang tidak," tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan Roni, salah satu warga Lubukbaja. Ia meminta agar aparat penegak hukum terus bekerja dengan baik dan menjadikan demokrasi yang diagung-agungkan benar-benar terlaksana tanpa dibumbui kecurangan.

"Memang tugas mereka (aparat) menegakkan hukum. Kami sangat mendukung. Saran kami, jika TNI maupun Polri menjalankan tugas dengan tepat dan sesuai koridor, terus lanjutkan, tanpa harus menghiraukan pihak-pihak yang mengklaim dicurangi," tuturnya yang diamini warga lainnya.

Editor: Dodo