Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Selama Tak Mengganggu Rekapitulasi, Tak Masalah TNI Back-up Keamanan di PPK
Oleh : Ahmad Rohmadi
Jum'at | 11-12-2015 | 20:07 WIB
IMG_20151211_153137_1449837212769.jpg Honda-Batam
Anggota KPU Pusat, Hadar Nafis Gumay Saat memeberikan arahan kepada ketua PPK Batam Kota, Irwansyah. (Foto: Ahmad Rohmadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sepanjang tidak mengganggu ataupun ikut campur pada proses rekapitulasi suara di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) keberadaan TNI untuk ikut menjaga keamanan bersama Polisi dinilai tidak menyalahi aturan.


Anggota KPU Pusat Hadar Nafis Gumay mengakui memang sedikit berbeda melihat pemandangan pengamanan di Batam yang banyak ikut serta dijaga oleh anggota TNI.

"Kehadiran mereka (TNI) kan hanya untuk keamanan, selama tidak menggangu atau menghalangi proses rekapitulasi saya kira tidak ada masalah, tapi mungkin sebenarnya harus ditempat terpisah" kata Hadar kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (11/12/2015) sore.

Namun, ia katakan bahwa otoritas kemanan dalam Pilkada bukanlah menjadi tanggung jawab dari KPU melainkan tanggung jawab pemerintah dengan Kepolisian.

Maka itu ia tegaskan bahwa kepada pihak yang merasa keberatan akan kehadiran para anggota TNI di PPK bisa mempertanyakan langsung kepada Pemerintah. "Jadi kalau ada tim yang merasa keberatan silahkan tanyakan kepada pemerintah," katanya.

Akan tetapi, ia juga mengatakan hal itu akan menjadi salah satu cacatan penting untuk disampaikan ke pusat sebagai bahan evaluasi bersama baik tingkat Kota Batam sendiri ataupun tingkat pusat.

Kemudian pada proses rekapitulasi di PPK, ia menyampaikan bahwa harus secara terbuka, pihak keamanan tidak boleh melarang masyarakat atau pun media yang ingin menyaksikan langsung.

"Kalau aparat menghalang-halangi itu yang tidak boleh. Dan tinjauan saya ini tentu akan jadi bahan evaluasi," jelasnya.

Editor: Dardani