Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

35 Ribu Pemilih di Lingga Pilih Golput
Oleh : Nur Jali
Jum'at | 11-12-2015 | 11:19 WIB
IMG-20151209-00702_(1).jpg Honda-Batam

PKP Developer

Inilah penampakan salah satu TPS di Lingga yang sepi melompong. (Foto: Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Hampir 35 ribu lebih pemilik suara tidak menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Kabupaten Lingga dari 86 ribu lebih Daftar Pemilih Tetap (DPT), hal ini berdasarkan data yang masuk dari beberapa TPS yang ada di Kabupaten Lingga.


Mantan ketua KPPS Singkep Madal mengatakan jika angkanya segitu berdasarkan pengalamannya menjadi KPPS pada Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden maka angka tersebut adalah tertinggi dari kedua Pemilu tersebut. Yang artinya jumlah peminat untuk menggunakan hak suaranya pada Pilkada Lingga sangat rendah.

"Waktu pemilihnya cukup tinggi sekitar 70 persen lebih, dan pilpres yang paling tinggi hampir 80 persen lebih, ini artinya pilkada yang terendah," jelasnya.

Jika dipersentasekan jumlah pemilih pada Pilkada kabupaten Lingga tahun 2015 ini hanya 60 persen lebih. Penyebab terjadi rendahnya pemilih pada Pilkada Lingga diduga karena kondisi perekonomian di Lingga yang kurang baik, sehingga banyak warga yang ke luar daerah untuk bekerja, serta minimnya sosialisasi juga dapat menjadi penyebab.

"Pengaruh ekonomi, dan sosialisasi juga bisa jadi penyebab, kemarin iklan-iklan dibatasi sehingga masyarakat luar lebih banyak tidak tau dengan visi misi pasangan calon, sekarang semuanya dibatasi ini jadi penyebab juga," ungkapnya.

Selain itu beberapa masyarakat juga banyak yang tidak mendapat undangan pemilih. " Ada beberapa masyarakat yang tidak undangan juga," sebutnya.

Total pemilih dari beberapa pleno ditingkat PPK hingga hari ini ada sekitar 50 ribu tujuh ratus lebih, dan DPT sebesar 86176 dari hasil Pleno KPU Kabupaten Lingga.

Editor: Dardani