Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Kepri Klaim Pelaksanaan Pilkada di Kepri Berjalan Lancar
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 10-12-2015 | 11:13 WIB
said_sirajuddin_baru.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua KPU Provinsi Kepri Said Sirajuddin.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri menyatakan pelaksanaan Pilkada serentak gubernur, bupati dan wali kota di tujuh kabupaten/kota di Provinsi Kepri berjalan dengan baik, aman dan lancar.

"Hal itu terlihat telah selesainya dilakukan pencoblosan, dan saat ini, seluruh logistik dan hasil perolehan suara dari TPS di KPPS sudah berada di PPK, guna dilakukan rekapitulasi perolehan suara," kata Ketua KPU Provinsi Kepri Said Sirajuddin pada BATAMTODAY.COM, Kamis (10/12/2015). 

Mengenai ekspektasi dan tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak 2015 di Kepri, Said mengatakan, dari 3.181 TPS, baru 500 TPS yang baru melaporkan jumlah pemilih yang menyalurkan hak pilihnya.

"Sampai saat ini dari 500 TPS yang melapor 60 persen pemilih menyalurkan hak pilihnya, dan untuk mengetahui keseluruhan nanti sore diperkirakan datanya akan masuk," ujarnya. 

Said juga menyatakan optimis 77 persen target tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada 2015 di Kepri ini akan tercapai. Karena dari data awal total pemilik pada 500 TPS masuk rata-rata persentase partisipasi masyarakatnya sangat bagus.

Sementara itu, dari 7 KPU kabupaten/kota di Kepri, satu hari setelah pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur, serta 6 kabupaten/kota yang melakukan Pilkada Bupati/Wali Kota, baru 4 KPU kabupaten/kota yang mengirimkan serta mengunggah hasil perolehan suara dari masing-masing TPS ke situs pilkada 2015.kpu.go.id. 

Keempat KPU yang sudah mengunggah hasil perolehan suara Model C dari masing-masing TPS itu, adalah Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, Lingga dan Karimun. 

"Sedangkan Kota Batam, Natuna dan Anambas belum, tapi mungkin sore ini akan dikirim dan diunggah sebagai transparansi pelaksanaan Pilkada. Dan seluruh masyarakat akan dapat melihat dan merekapitulasi perolehan suara masing-masing calon," pungkas Said. 

Editor: Dodo