Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penghitungan Suara di PPK Tanjungpinang Timur Dimulai
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 10-12-2015 | 10:54 WIB
rekap-tpi-timur.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Rekapitulasi perolehan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di PPK Tanjungpinang Timur mulai dilaksanakan, Kamis pagi.

BATAMTODAY.COM, Tanj‎ungpinang - Rekapitulasi perolehan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur di PPK Tanjungpinang Timur mulai dilaksanakan, Kamis (10/12/2015) sekitar pukul 9.15 WIB.‎

Ketua PPK Kecamatan Tanjungpinang Timur, Hasirin, mengatakan, dari 102 TPS dari seluruh PPS di Kelurahan Pinang Kencana, Batu Sembilan, Air Raja, Kampung Bulang dan Melayu Kota Piring sejak tadi malam sudah sampai.

"Seluruh logistik dan kotak suara, berita acara dari seluruh TPS di Kelurahan sudah sampai dan tiba di PPK tadi malam," ujar Hasirin. 

Selanjutnya, dengan dihadiri seluruh Ketua KPPS kelurahan, Panwascam, saksi dan pemantau, serta aparat Kepolisian, rekapitulasi akan mulai dilaksanakan, dengan membuka kotak suara satu-per satu dari masing-masing kelurahan. 

"Data rekapitulasi perolehan suara dari pua Pasang calon akan kami mulai dari TPS yang berada di Kelurahan Air Raja, dengan menghitung perolehan suara pada masing-masing data Model C1,dari TPS," jelasnya. 

Jika terjadi kekeliruan pada data rekap Model C1, maka revisi pembetulan akan dilakukan dengan disaksikan saksi dan Panwascam serta pemantau. Dan jika kesalahaan pada Model C tidak ada kesepakatan, selanjutnya dengan musyawarah dan keputusan bersama akan dilakukan pembukaan teli rekap perolehan suara. 

"Dan kalau pada pembukaan teli juga terjadi selisih dan kesalahaan, maka dengan Iizin dan KPU dan Panwaslu, akan terpksa dilakukan perhitungan ulang kertas surat suara," jelasnya. 

Camat Tanjungpinang Timur, Arlius juga mengatakan rekapitulasi perolehan suara dari 102 TPS dan 51.937 Daftar Pemilih tetap di Kecamtan Tanjungpinang, akan dilaksanakan hari ini hingga selesai. 

"Kami berharap dengan rekapitulasi ini, dapat berjalan dengan baik, dan tidak ada gangguan dan kekurangan, hingga hasil riil perolehan suara calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri dapat ditetapkan dengan baik," ujarnya.

Editor: Dodo