Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perintah Kapolres Tanjungpinang, Lakukan Pengamanan Terbaik dan Jaga Netralitas
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 07-12-2015 | 17:59 WIB
kapolres-tpi-pam-pilkada.jpg Honda-Batam
Kapolres Tanjungpinang AKBP Kristian P Siagian mengecek kesiapan anggotanya dalam pengamanan Pilkada serentak 2014. (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kapolres Tanjungpinang AKBP Kristian P Siagian memerintahkan seluruh anggotanya yang melakukan pengamanan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur di 314 TPS yang tersebar di Tanjungpinang bisa mengamankan dengan optimal serta baik, dan tetap menjaga netralitas. 

"Saya minta rekan-rekan seluruh personel polisi agar siap melakukan pengamanan dengan baik di seluruh TPS saat pelaksanan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur pada 9 Desember 2015 mendatang. Jaga netralitas dan tetap lakukan koordinasi jika ditemukan pelanggaran," tegas Kristian dalam apel kesiapan PAM Pilkada di Mapolres Tanjungpinang, Senin (7/12/2015). 

Kehadiran Polisi dalam pengamanan di setiap TPS, kata Kristian merupakan implementasi negara dalam menjaga dan mengamankan Pilkada serentak di Indonesia.

‎"Anggota-anggota Polri yang melakukan penjagaan di 314 TPS di kota Tanjungpinang ini, merupakan anggota Polisi pilihan, dari sejumlah personel yang sebelumnya telah direkrut dan dilatih," ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, Kapolres juga mempertaruhkan pangkat dan jabatannya dalam pengamanan Pilkada ini. Pihaknya tidak akan toleran pada setiap orang yang mengganggu berlangsungnya Pilkada di Tanjungpinang.

Dalam pengamanan seluruh TPS di Tanjungpinang, Kapolres juga menyatakan telah mengantisipasi dan melakukan pemantauan di sejumlah TPS yang masuk dalam kategori sangat Rawan (Rawan1, 2 dan 3), khususnya TPS yang jauh dan terpencil. 

Dengan dilakukanya pelepasan PAM TPS pada ratusan personel Polisi ‎ini, tambah Kristian, mulai besok pukul 08.00 WIB, masing-masing personel telah berada dan melakukan koordinasi dengan KPPS, Linmas serta aparat lainnya yang sama-sama melakukan pengamanan. 

"Untuk jumlah personel yang kami terjunkan sudah mencukupi, dengan kapasitas 2 TPA akan dijaga masing-masing 2 personel Polisi dibantu Linmas dan lainnya," kata Kapolres.

Menurutnya, situasi dan kondisi keamanan di Kota Tanjungpinang menjelang pelaksanaan pencoblosan pada 9 Desember 2015 berlangsung aman, dan belum ditemukan adanya pelanggaran atau kejadian yang menonjol dan mengganggu. 

Editor: Dodo