Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wujudkan 'World Class Navy', Prajurit TNI AL Diinstruksikan Lebih Profesional
Oleh : Nursali
Senin | 07-12-2015 | 11:50 WIB
DSC_0408.JPG Honda-Batam
Komandan Lanal TBK Letkol Laut (P) Hariyo Poernomo, SE,MM saat membacakan amanat Kepala Staff TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi SE,MAP yang mengintruksikan agar seluruh prajurit TNI AL lebih profesional jelang 'World Class Navy' atau TNI AL berkelas dunia. (Foto: Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dalam rangka perayaan HUT Armada RI yang jatuh pada 7 Desember 2015, Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi SE MAP menginstruksikan seluruh prajurit TNI AL lebih profesional guna mewujudkan 'World Class Navy' atau TNI AL berkelas dunia.

Dalam amanatnya yang dibacakan oleh Komandan Lanal TBK Letkol Laut (P) Hariyo Poernomo SE MM, secara ringkas KSAL Ade Supandi menceritakan sejarah Armada Republik Indonesia yang lahir seiring dengan tumbuh kembangnya TNI, yang tidak pernah absen mempertahankan kedaulatan Bangsa Indonesia.


Atas dasar itulah perayaan Hari Armada RI yang dilaksanakan pada tiap tahun ini bukanlah acara seremonial belaka. "Di balik itu, terdapat makna yang dalam untuk intropeksi dan evaluasi diri bagi jajaran TNI untuk pelaksanaan tugas yang telah dipercayakan," kata Danlanal Hariyo Poernomo membacakan amanat KSAL Ade Supandi dalam upacara HUT Armada RI yang digelar di Makolanal TBK, Senin (7/12/2015).

Dia menjelaskan, situasi dan perubahan strategis baik regional dan nasional bergerak sangat cepat dan dinamis sehingga sulit diprediksi terkait peningkatan ketegangan di laut, pelanggaran wilayah dan pelanggaran hukum di laut serta gangguan keamanan maritim.

"Sedangkan kecenderungan keamanan nasional masih diwarnai dengan isu politik, sparatisme, gangguan keamanan lewat laut serta pembajakan di laut. Penangkapan ikan secara ilegal, penyelundupan imigran gelap serta kejahatan lintas negara lainnya dapat mengancam integritas NKRI yang dapat menimbulkan kerugian negara,"katanya lagi.

Seyogianya, dari dinamika yang sedemikian kompleks, bukanlah suatu hambatan.Melainkan tantangan yang harus dihadapi bersama, guna mengamankan kepentingan Nasional. Oleh karena itu TNI AL sebagai komponen utama pertahanan Negara di laut, harus tetap membina dan mengembangkan Armada RI, untuk menjadi kekuatan yang kuat, handal dan profesional.

"Sehingga dapat menjalankan setiap tugas, guna menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, serta melindungi segenap Bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala bentuk ancaman yang dapat mengganggu keutuhan negara dan bangsa," Ujarnya.

Pada kesempatan itu, Danlanal TBK Letkol Laut (P) Hariyo Poernomo SE MM juga mengatakan, dalam perayaan HUT Armada RI ini KSAL Laksamana TNI Ade Supandi juga memberikan penghargaan Satya Lencana Kesetiaan kepada prajurit-prajurit yang berprestasi atas pengabdiannya.

"KSAL juga memberikan penghargaan kepada Pangkalan Laut teladan dan KRI teladan. Itu semua adalah apresiasi yang sangat besar dari KSAL kepada prajurit yang berada di lapangan. Hal itu sangat memotivasi kita semua untuk lebih baik lagi dalam berdinas dan menjaga kedaulatan NKRI ini menjadi lebih baik," pungkasnya

Editor: Udin