Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

FPKB DPR Desak MKD Hadirkan Riza Chalid
Oleh : Surya
Minggu | 06-12-2015 | 12:41 WIB
Syaikhul_Islam.jpg Honda-Batam
Syaikul Islam Ali, Wakil Ketua Komisi VII DPR dari FPKB

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Dalam rangka menegakkan citra Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), maka MKD DPR harus menghadirkan pengusaha minyak Muhammad Riza Chalid dalam sidang di MKD terkait dugaan permintaan saham PT Freeport Indonesia.

Sidang MKD sendiri sudah menghadirkan Menteri ESDM Sudirman Said, dan Presdir PT Freeport Maroef Sjamsoeddin. Sebab, kalau Riza Chalid tidak dihadirkan maka akan memperburuk citra MKD.

Demikian keterangan yang disampaikan oleh Syaikhul Islam Ali, anggota FPKB DPR RI yang juga Wakil Ketua Komisi VII DPR RI pada wartawan di Jakarta, pada Minggu (6/12/2015).

Syaikhul Islam menilai akan menjadi citra buruk bagi MKD jika MKD tidak menghadirkan Riza Chalid dalam persidangan. Sehingga masyarakat bisa mempertanyakan, ada 'permainan* apa di MKD? 

"Apa ada udang dibalik batu? Mengingat keterangan Riza Chalid menjadi kunci untuk menjelaskan dan memastikan isi rekeman dan pertemuannya yang mengklaim permintaan saham Freeport yang diduga dilakukan oleh Ketua DPR RI Setya Novanto itu," ujarnya.

Selanjutnya, kata Syaikhul Islam, jika Riza Chalid menolak panggilan MKD, maka MKD bisa meminta aparat kepolisian untuk menghadirkannya dan itu sudah menjadi kewajiban dan tugas kepolisian dalam menegakkan hukum. Di mana semua warga negara berkedudukan sama di depan hukum. 

"Saya kira sebagai warga negara yang baik Riza harus datang," pungkas anggota DPR RI dari Dapil Jawa Timur I (Surabaya dan Sidoarjo) itu.

Sementara itu Ketua DPR RI Setya Novanto siap menghadiri panggilan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) atas dugaan pelanggaran etik terkait permintaan saham PT Freeport. 

Politisi Golkar itu dijadwalkan pada Senin (7/12/2015) ini, akan dimintai keterangan terkait perusahaan Amerika Serikat yang selama ini merugikan Indonesia itu.

Sebelumnya MKD sudah menyidangkan pelapor rekeman yang juga Menteri ESDM Sudirman Said dan Presidr PT Freeport Maroef Sjamsoeddin. 

"Tapi, Pak Setya Novanto belum menerima surat panggilan dari MKD. Meski demikian, beliau siap datang. Jadi, sampai saat ini belum saya ketahui apakah sudah sampai atau belum surat panggilannya itu. Tapi, Pak Setya Novanto itu profesional, kalau ada panggilan dari MKD pasti akan dihormati, tentu kalau tidak ada halangan pasti datang,"tegas kuasa hukumnya Firman Wijaya pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Jumat (4/12/2015),

Menyinggung jarangnya terlihat Setya Novanto di Gedung DPR RI selama sepekan terakhir ini,  menurut Firman Wijaya, jika beliau sedang sibuk menyiapkan pesta pernikahan putrinya yang akan digelar di Hotel Mulia, Senayan, pada Jumat (4/12/2015) malam. 

"Beliau hari ini ada acara persiapan pernikahan putrinya," ujarnya.

Editor : Surya