Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kodim 0317 Jamin Pelaksanaan Pilkada Serentak di Karimun Aman
Oleh : Nursali
Minggu | 06-12-2015 | 11:34 WIB
Dandim 0317TBK, Letkol Inf. Dec Jerry Simanungkalit, S.IP_edit.jpg Honda-Batam
Dandim 0317/TBK Letkol Inf Dec Jerry Simanungkalit, SIP

BATAMTODAY.COM, Karimun - Komando Distrik Militer 0317/TBK saat ini telah memastikan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang digelar secara serentak pada 9 Desember mendatang akan berlangsung aman terkendali. 

Berdasarkan hasil operasi, pihaknya belum menemukan gejolak yang berarti di masyarakat yang bisa menghambat pelaksanaan pilkada pada hari H pencoblosan.

Dandim 0317/TBK, Letkol Inf. Dec Jerry Simanungkalit, S.IP yang didampingi oleh Pasi Ops KODIM0317/TBK, Kapten Inf. Taufiq Sihombing mengatakan operasi tersebut telah dimulai jauh sebelum tahapan awal pemilu.

Selanjutnya,  akan terus berjalan hingga tahapan akhir penetapan kepala daerah yang baru baik ditingkat Gubernur maupun Bupati.

"Operasi  meliputi Ops Teritorial dan Intelijen. Serta menempatkan personel Pam Pilkada yang sudah tergelar diseluruh wilayah Kabupaten Karimun," kata Dandim 0317/TBK, Letkol Inf. Dec Jerry Simanungkalit, S.IP kepada pewarta di ruang kerjanya, Karimun. Sabtu (4/12/2015)

Bahkan katanya, operasi serupa juga sampai ke pulau-pulau terpencil sesuai wilayah teritorial KODIM 0317/TBK. 

Saat ini kekuatan KODIM Karimun, mendapat bantuan dari Kompi B Yonif 134 Raider sebanyak 1 Satuan Setingkat Pleton (SST) yang telah melakukan siaga penuh dan siap dioperasikan dibawah kendali Polres Karimun.

"Prinsipnya Kodim 0317/TBK akan mengamankan Pilkada Serentak ini dengan semaksimal mungkin," ujarnya

Ia juga mengatakan, pengamanan Pemilu ini sesuai dengan perintah Panglima yang menyatakan diminta atau tidak, TNI khususnya akan bertindak tegas terhadap oknum atau kelompok yang akan menggagalkan atau  melakukan kecurangan.

Agaar pelaksanaan Pilkada tidak berubah menjadi konflik sosial bahkan dapat meluas menjadi konflik komunal.

"Dan hal ini tentunya sesuai dengan Undang-Undang TNI. Para pelaku akan berhadapan dengan TNI tentunya bekerja sama dengan instansi terkait lainnya," tegasnya

Lebih jauh pria berdarah Sumatera Utara ini menerangkan, pada saat mekanisme pencoblosan, TNI tidak berada langsung di TPS melainkan memantau dari jarak yang telah ditentukan. 

Begitu pula saat pencoblosan selesai, selanjutnya pasukan ini akan melakukan pengawalan ketat mulai dari rekapitulasi perolehan suara dari TPS, PPK sampai pleno KPU dan akan mengamankan hasil akhir hingga pelantikan pejabat baru.

"Saya atas nama Dandim 0317/TBK, Letkol Inf. Dec Jerry Simanungkalit, S.IP menghimbau agar masyarakat melakukan hak pilihnya sesuai hati nurani tanpa ada paksaan dari pihak manapun hingga dengan suksesnya Pilkada," katanya.

Sehingga dihrapan program percepatan pembangunan dapat berjalan lancar di Karimun ini.

"Kodim 0317/ TBK meminta masyarakat mensukseskan  Pesta Demokrasi dengan prinsip Damai itu Indah," pungkasnya mengakhiri.

Editor: Surya