Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPRD Kepri Cari Formulasi Akomodir Upah Kelompok Tuntutan Buruh Batam
Oleh : Habibi
Senin | 30-11-2015 | 18:13 WIB
Amir_Hakim_Siregar.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kepri, Amir Hakim Siregar.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Polemik upah minimum kota (UMK) Batam telah mencapai kata sepakat antara Penjabat Gubernur Kepulauan Riau, Agung Mulyana, dengan pihak buruh yang mendatangi Kantor DPRD Provinsi Kepulauan Riau.

Pasalnya, telah keluar kesepakatan bahwa DPRD akan membuatkan formula guna menuruti permintaan buruh yang meminta tidak menyamaratakan kelompok buruh dalam persoalan UMK ini.

Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kepri, Amir Hakim Siregar, mengatakan, pihaknya akan mencarikan formula guna menyiasati agar permintaan buruh dapat terakomodir, yaitu tidak menyamaratakan nilai UMK masing-masing kelompok pekerja. Untuk itu, DPRD akan mendesak Agung Mulyana untuk membuatkan surat edaran atau surat keputusan terkait UMK Batam.

"Kita akan mendesak agar surat dibuatkan oleh Gubernur, jangan samaratakan dong gaji OB (Office Boy) dengan gaji buruh galangan kapal atau kerjaan yang memang risikonya lebih tinggi, namun kita juga akn mencarikan formulanya, bagaimana kelompok UMK ini bisa dimasukkan dalm SK Gubernur," ujar Amir Hakim saat ditemui usai pertemuan dengan Pj Gubernur dan Serikat Buruh, Senin (30/11/2015).

Sementara itu, Agung mengaku untuk mengeluarkan surat keputusan atau surat edaran tentang pengelompokan UMK tersebut, dia menunggu bagaimana baiknya dari DPRD Kepri. Pasalnya, menurut dia, semuanya berada ditangan DPRD Kepri, jika memang telah benar, maka dia akan mengeluarkan SK/SE untuk UMK Batam.

"Kalau saya tetap mengikuti aturan yaitu PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan, namun jika memang permintaannya seperti itu, saya menunggu saja bagaimana dari DPRD, jika memang sudah ada payung hukum yang jelas ya saya akan buatkan SK-nya," ujar Agung.

Usai pertemuan tersebut puluhan orang buruh langsung pulang ke Batam, karena telah mendapatkan angin segar dari pertemuan tersebut. Baca juga: DPRD Batam Beri Rekomendasi Revisi UMK Batam ke Gubernur Kepri

Editor: Dodo