Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

1.500 Personel Polri Diturunkan Amankan Demo Buruh di Batam
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 24-11-2015 | 13:57 WIB
kapolresta-asep-baru.jpg Honda-Batam
Kapolresta Barelang, Komisaris Besar Asep Safrudin.

BATAMTODAY.COM, Batam - Aksi unjuk rasa menolak Peraturan Pemerintah (PP) nomor 78 tahun 2015, Selasa (24/11/2015) siang yang digelar ribuan buruh, dikawal ketat aparat kepolisian. Data yang diperoleh, sebanyak 1.500 personel diterjunkan.

Kapolresta Barelang, Komisaris Besar Asep Safrudin, yang turun mengarahkan massa agar tidak menganggu aktivitas lalu lintas di kawasan Panbil, mengatakan, ribuan personel yang diterjunkan merupakan gabungan Polda Kepri, Brimob Polda Kepri dan Polresta Barelang sendiri.

"Sesuai laporan yang kita dapat, aksi demo akan dilakukan mulai hari ini, Selasa (24/11/2015) hingga Kamis (26/11/2015) nanti. Kita mengupayakan agar demo yang dolakukan tetap tertib," kata Asep.

Dilanjutkan Asep, pihaknya sudah melaksanakan apel sejak pukul 06.00 WIB untuk menjaga aksi buruh yang sesuai laporan masuk akan turun sebanyak 9.000 orang.

"Laporan yang masuk, ribuan massa mengatakan akan melakukan unjuk rasa damai dan trtib. Namun kita lihat sekarang, mereka harus diberikan arahan untuk tertib," jelasnya. Baca: Tolak PP Pengupahan, Buruh SPSI Demo di Engku Putri

Pengamanan yang dilakukan tambahnya, personil ditempatkan pada titik-titik kumpul massa, seperti di Panbil dan kantor Wali Kota Batam. "Setelah mereka bergerak ke Kantor Wali Kota, personel yang ada di Panbil juga ditarik kesini. Kita mengimbau agar aksi bisa dilakukan lebih tertib," pungkasnya.

Editor: Dodo