Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pengusaha Tiongkok Pilih Investasi di Karimun
Oleh : Nursali
Rabu | 18-11-2015 | 18:55 WIB
20151118_102545.jpg Honda-Batam
Bupati Karimun Aunur Rafiq saat menerima kunjungan pengusaha Tiongkok. (Foto: Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pengusaha asal Tiongkok, Guangxi Wanda Group Ambassador Club Chaiman, perusahaan yang bergerak di bidang properti dan industri, menyatakan akan berinvestasi di Kabupaten Karimun berupa pengembangan bahan baku timah.


Hal ini disampaikan oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat setelah menyambut kedatangan para pengusaha tersebut di rumah dinasnya, Tanjungbalai, Rabu (18/11/2015)

"Mereka membawa gubernur dan pengusaha Tiongkok. Jadi mereka melakukan survei di sini untuk melihat lokasi yang akan dibangun. Mereka tertarik untuk mengembangkan timah hitam," ungkap Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Ia menambahkan, para pengusaha tersebut sebelumnya telah melakukan survei di beberapa Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri. Namun katanya, pengusaha tersebut lebih memilih Karimun, karna faktor keamanan dan kenyamanan. Terlebih lagi letak geografis Kabupaten Maritim ini sangat strategis yang berdekekatan dengan negara tetangga.

"Mereka belum membicarakan nilai invesnya mereka baru membicarakan tentang survei. Dan mereka akan membawa pengusaha-pengusaha dari Tiongkok itu dana dalam waktu dekat ini ada asosisasi pengusaha cina akan kemari juga," katanya lagi.

Ia menambahkan Pemkab Karimun akan memberikan kemudahan pelayanan bagi perusahaan asing, berupa perizinan yang diperlukan, jaminan kondusifitas keamanan wilayah yang akan digunakan oleh perusahaan tersebut serta infrastruktur penunjang investasi.

"Dan itu memang sudah diamanatkan pemerintah pusat melalui Pak Presiden, pemangkasan-pemangkasan perizinan yang memakan waktu berhari-hari akan kita lakukan," pungkasnya. 

Editor: Dardani