Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

20 Napi Rutan Barelang Batam Kabur Saat Shalat Jum'at
Oleh : Harun Al Rasyid
Jum'at | 13-11-2015 | 15:22 WIB
IMG_20151113_142404.jpg Honda-Batam
Suasana Rutan Barelang Batam. (Foto: Harun Al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sekitar 20 orang narapidana di Rumah Tahanan Negara (Rutan) negara kelas II A Barelang, Batam kabur, Jum'at (13/11/2015). Mereka berhasil melarikan diri saat shalat Jum'at, sekitar pukul 12.30 WIB. 


Informasi yang berhasil diperoleh BATAMTODAY.COM, awalnya ada teriakan "maling" yang diikuti dengan pengejaran. 
Sumbet yang merasa terperanjat dengan teriakan maling itu, mengaku ikut mengejar 3 orang yang berlari di hadapannya. 

Seperti dungkapkan Agus (35), salah satu pekerja proyek PT Rexpin Putra Mandiri yang berada di sekitar lokasi Rutan. "Saya dengar orang teriak maling. Saya ikut kejar ruapanya napi yang kabur dari rutan," ujarnya kepada BATAMTODAY.COM, Jum'at (13/11/2015). 

Dibantu beberapa warga sekitar, ketiga orang tersebut pun berhasil dibekuk. Sementara itu, yang lain masih melarikan diri. Hingga berita ini diturunkan, 12 orang napi berhasil ditangkap petugas Lapas saat pengejaran tersebut. 

"Mereka larinya berpencar, sekitar 20 orang. Saya ikut kejar yang tiga orang itu dan ditangkap juga. Setahu saya 12 orang yang sudah ditangkap," jelasnya. 

Anar Manik (30), warga Perumahan Rexpin yang juga ikut dalam penangkapan napi tersebut mengatakan, salah satu napi yang lari dari rutan bersembunyi di sekitar hutan bakau. Belasan napi tersebut melarikan diri dalam 2 kelompok. Satu kelompok berlari ke arah perumahan Rexpin, sedang 1 kelompok lainnya mencoba memanjat Bukit Permata. 

"Saya lagi duduk di depan rumah, pas dengar itu saya ikut kejar. Satu orang sembunyi di rawa-rawa. Mereka larinya pencar 2 bagian. Yang naik bukit ada yang ditangkap ada yang berhasil kabur," tuturnya.  

Hingga saat ini, belum diketahui kronologi secara pasti dan cara ke 19 napi tersebut melarikan diri. Diduga napi tersebut melarikan diri  memanfaatkan waktu shalat Jum'at dan kelengahan petugas Rutan. 

Sementara itu, Kepala Rutan Barelang Irhammudin belum bisa dikonfirmasi mengenai kaburnya para narapidana di rutan kelas II A Batam. Pantauan BATAMTODAY.COM, kepolisian sektor Sagulung bersama Tim Inafis Polresta Barelang sudah turun ke lokasi dan melakukan identifikasi serta pemeriksaan lebih lanjut.

Editor: Dardani