Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Lebaran, Layanan Kapal Domestik Ditambah
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Jum'at | 29-07-2011 | 13:28 WIB

BATAM, batamtoday - Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama lebaran nanti, otoritas pelayaran di Pelabuhan Domestik Sekupang akan melakukan penambahan armada kapal ferry domestik sekaligus menambah jumlah trip.

Sekretaris Indonesia National Shipowner Organization (INSA) Kota Batam, Azhar menjelaskan untuk mengatasi jumlah penumpang yang membludak, INSA terlebih dahulu melakukan pertemuan sesama operator dan pemilik kapal.

"Yang pasti akan kita tambah. Untuk itulah, kita akan melakukan pertemuan lagi nanti," ujar Azhar, Jumat, 29 Juli 2011.

Azhar menjelaskan jumlah trip kapal yang beroperasi setiap hari hanya 22 trip saja untuk semua tujuan. Menjelang Lebaran nanti, akan ditambah menjadi 34 trip.

"Ini akan menampung jumlah penumpang yang membludak nanti," tambahnya.

Selain itu Azhar juga menghimbau kepada warga Batam yang akan mudik untuk mengurangi barang bawaannya guna mengurangi beban kapal selama dalam perjalanan. Sebab cuaca pada bulan Agustus belum bisa dipastikan.

"Sesama operator kapal fery nantinya tetap melakukan pengawasan saat keberangkatan kapal. Sehingga tidak membawa penumpang melebihi kapasitas yang ditentukan," tutur Azhar.

Operator pelayaran juga sudah melakukan kordinasi dengan semua pihak yang berhubungan dengan pelayaran laut termasuk dengan Badan Meteorologi, Klimatologi  dan Geofisika Kota Batam. Sehingga koordinasinya mudah untuk mendapatkan informasi jika cuaca dengan buruk.

"Pasti semua pihak akan sama-sama berkerja nanti di pelabuhan untuk memastikan pelayaran aman," paparnya lagi.