Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tangkal ISIS, Peran Pemerintah dan Toga Sangat Penting
Oleh : Hadli
Jum'at | 06-11-2015 | 18:39 WIB
kabid-humas-hartono.jpg Honda-Batam
Kabid Humas Polda Kepri Ajun Komisaris Besar Polisi, Hartono, (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolda Kepri Brigjen Pol Arman Depari berharap peran serta Pemerintah Pusat dan Daerah serta peran Tokoh Agama (Toga) dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak terbujuk radikalisme, seperti paham ISIS yang tidak sesuai dengan Pancasila.

"Perlu peran semua pihak. Jangan sampai ada masyarakat awam terbujuk, karena tidak ada upaya dan sosialisasi dari pemerintah dan tokoh agama mengenai bahaya paham ISIS tersebut," kata Kabid Humas Polda Kepri Ajun Komisaris Besar Polisi, Hartono, Jumat (5/11/2015). 

Hartono mengatakan, paham ISIS tidak sesuai dengan ideologi NKRI. Oleh karenannya harus dihindari, jangan sampai masyarakat terbujuk untuk mengikuti paham radikal yang menyesatkan tersebut.  

Peran pemerintah daerah dalam hal ini dimulai dari Wali Kota, Bupati, Camat, Lurah, hingga perangkat RT/RW sangat penting dalam mensosialisasikan bahaya radikalisme pada masyarakat.

"Masyarakat juga bisa memantau wilayahnya masing-masing sehingga mampu mendeteksi dini munculnya ideologi radikalisme dan segera indikasi itu dilaporkan adar cepat diatasi," jelasnya. 

Menurut Hartono, Provinsi Kepri merupakan wilayah terdepan yang luas dengan parairan. Sehingga banyak pergerakan orang keluar negeri dan sebaliknya, melalui jalur laut yang juga harus disikapi agar faham radikalisme itu tidak masuk dan merusak bangsa. 

Kapolda Kepri, kata Hartono, juga mengimbau kepada berbagai pihak agar tidak menyebarkan isu-isu mengenai radikal ISIS, jika belum tentu kebenarannya agar tidak meresahkan masyarakat.‎

Editor: Dardani