Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolres Bintan Sudah Bicarakan Lonjakan Kasus Asusila dengan SKPD
Oleh : Harjo
Jum'at | 06-11-2015 | 17:32 WIB
Kapolres-Bintan-AKBP-Wisnu-.jpg Honda-Batam
Kapolres Bintan, Ajun Komisaris Besar Polisi Cornelius Wisnu Adji Pamungkas.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Semakin meningkatnya angka kasus asusila yang terjadi di wilayah hukum Polres Bintan telah disampaikan Kapolres Bintan, Ajun Komisaris Besar Polisi Cornelius Wisnu Adji Pamungkas kepada seluruh anggota Babinkamtibmas dan unsur Satuan Kerja Perangkat  Daerah (SKPD).

"Masalah semakin tingginya angka kasus asusila, seperti pelecehan seks dan kekerasan seksual terhadap anak di bawah mur. Sudah dibicarakan dengan seluruh Babinkamtibmas, camat dan tokoh masyarakat," ungkap Cornelius kepada BATAMTODAY.COM kantor Bupati Bintan, Kamis (5/11/2015).

Menurut Cornelius, untuk menekan kasus asusila yang terjadi di Bintan, sangat dibutuhkan perananan orangtua untuk melakukan pengawasan terhadap kegiatan anaknya.  Selain itu, bisa jadi dampak dari pengaruh globalisasi dunia, teknoogi dan kebutuhan gaya hidup.

"Melihat dari kasus yang terjadi di Bintan, memang peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membimbing dan mengawasi kebiasan serta tingkahlaku  anak. Karena bisa jadi terpengaruh dengan gaya hidup untuk memilki sesuatu dan mencari jalan yang salah serta terjerumus ke dalam pergaulan yang negatif," katanya.

Di sisi lain kata Cornelius, untuk di Bintan masalah luas daerah dan jarak tempuh masih menjadi kendala. Terutama antar kantor pemerintahan satu dengan kantor  lainnya, serta sebagian besar pegawainya juga hanya ada saat jam kerja setelah itu sudah berada di luar Bintan.

"Artinya selain orangtua, peran pemerintah peran sertanya tidak kalah penting. Seluruh SKPD harus berperan aktif untuk menyelamatkan anak-anak dari hal yang tidak diinginkan. Mengingat anak-anak inilah, nantinya yang akan meneruskan pembangunan di daerah ini," imbuhnya.

Lebih jauh Cornelius menyampaikan, Polres Bintan setiap ada kesempatan seperti berbagi pertemuan, sudah disampaikan terkait kondisi keamanan, ketertiban yang ada di Bintan. 

Demi Bintan yang semakin kondusif dan generasi muda terjauh dari pergaulan yang negatif, sudah seharusnya semua elemen masyarakat mengambil peran untuk mengarahkan anak-anak ke pergaulan yang lebih positif. 

Editor: Dardani