Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ikut Ibu Belanja, Tangan Balita Terjepit di Eskalator Mega Mall
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Kamis | 28-07-2011 | 16:25 WIB
eskalator.jpg Honda-Batam

Ilustrasi - pengunjung pusat perbelanjaan yang sedang menaiki eskalator (Foto: Istimewa)

BATAM, batamtoday - Ini perhatian buat para orang tua yang sering membawa anak balita berpergian ke pusat perbelanjaan untuk selalu memperhatikan setiap detik balita berada, sebab kalau tidak fokus kemalangan bisa setiap saat menimpa. Seperti kejadian yang menimpa Muhammad Raihan (4), harus mengalami nasib naas kala tangan kanannya terjepit eskalator saat turun dari lantai satu menuju lantai dasar di Pusat Perbelanjaan Mega Mall Batam Centre, Kamis, 28 Juli 2011 sekitar pukul 13.30 WIB.

Putra pertama dari Arifin (38), warga Melchem Tanjung Sengkuang ini mengalami luka robek pada telapak tangan dan patah pada pergelangan tangan kanannya. Selanjutnya korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Awal Bross (RSAB), Baloi untuk mendapatkan pertolongan medis.

Informasi yang diperoleh batamtoday, Raihan datang ke Mega Mall bersama kedua orang tuanya untuk berlibur dan berbelanja. Namun ketika hendak turun dari lantai satu menuju lantai dasar, korban yang didampingi kedua orang tuanya itu duduk saat berada di eskalator dan akhirnya terjepit pada bagian telapak tangan kanannya.

"Kejadiannya begitu cepat, tiba-tiba eskalator berhenti. Ternyata ada anak kecil yang terjepit," ujar Rini, Manager Marketing Mega Mall kepada wartawan di RSAB.

Rini menambahkan, beruntung korban tidak terlalu parah terjepit eskalator ditambah cara kerja otomatis eskalator yang langsung mati bila ada kecelakaan terjadi. Orang tua korban dan pengunjung yang berada di sekitar lokasi kejadian langsung melaporkannya ke pihak keamanan.

Pihak keamanan mall yang bergerak cepat memberikan pertolongan, dan petugas dibantu pihak keluarga berusaha mengeluarkan hingga akhirnya berhasil dan selanjutnya langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

"Kami selaku pengelola mall bertanggung jawab dengan memberikan bantuan biaya pengobatan, pembiayaan yang diberikan hanya sebatas pengobatan di UGD," terangnya.

Rini juga menghimbau kepada pengunjung mall, terutama untuk para orang tua yang membawa balita untuk memperhatikan dan selalu menjaga dimana keberadaan anaknya. Selain itu, pihak pengelola juga telah memberikan peringatan dengan pesan yang terpampang di setiap eskalator yang ada.