Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Uji Kompetensi Guru Digelar November Ini
Oleh : Habibi
Selasa | 03-11-2015 | 10:57 WIB
gurugurupns.jpg Honda-Batam
Ilustrasi guru.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Bagian Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan (PSDMP) Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, Mardiana, mengatakan, Uji Kompetensi Guru (UKG) akan dilaksanakan pada tanggal 9 hingga 19 November 2015 secara serentak di seluruh Indonesia dengan sistem online.

"Menurut surat edaran menteri, UKG akan dilaksanakan pada tanggal 9 November sampai 19 November, dilaksanakan di kabupaten/kota masing-masing dengan sistem online," ujar Mardiana saat dihubungi, Senin (2/11/2015).

Mardiana mengatakan, UKG ini dilaksanakan bertujuan untuk memenuhi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang menargetkan rata-rata kompetensi guru tahun 2019 capai angka 8.

"Maka dari itu Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) gencar melaksanakan UKG, termasuk tahun ini," ujar Mardiana.

Terkait jumlah peserta UKG se-Indonesia, ada sebanyak 3.015.315, sementara untuk jumlah guru yang akan ikut UKG di Kepri, Mardiana mengaku kurang hafal. Sementara itu, untuk sistem ujiannya, Mardiana mengatakan, tidak melulu harus online.

"Ada offline juga, kalau online itu bagi yang sudah siap saja, sementara untuk kabupaten/kota yang belum siap, masih menggunakan offline," ujar Mardiana.

Untuk itu, Mardiana mengharapkan seluruh Dinas Pendidikan di kabupaten/kota dapat melaksanakan UKG dengan maksimal dan memperoleh nilai yang baik. Kemudian, untuk Kepala Dinas, diharapkan dapat memotivasi seluruh guru agar lebih giat dalam belajar.

"Karena ini untuk mereka juga, makanya kita harapkan kepala dinas bisa memberikan motivasi agar guru mau meningkatkan profesinya. Zaman ini, tidak boleh stagnan, guru harus pintar, jangan murid yang lebih pintar dari guru," ujar Mardiana.

Editor: Dodo