Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringatan Hari Anak Nasional 2011

Tanjungpinang Jadi Percontohan Kota Ramah Anak
Oleh : Charles
Rabu | 27-07-2011 | 16:55 WIB
Sempena_Kegiatan_Hani_2011_Provinsi_Kepri_di_Sebaok_Tanjungpinang,_Walikota_Suryatati_A_Mana_dan_Gubernur_Kepri_bagikan_Bantuaan_berupa_Parcel_pada_sejumlah_Anak_di_Provinsi_Kepri.JPG Honda-Batam

Sempena Kegiatan Hani 2011 Tingkat Provinsi Kepri di Sebaok Tanjungpinang, Walikota Suryatati A Mana dan Gubernur Kepri bagikan Bantuaan berupa Parcel pada sejumlah Anak di Provinsi Kepri

TANJUNGPINANG, batamtoday - Kelurahan Senggarang di Kota Tanjungpinang menjadi lokasi percontohan daerah ramah anak. Pencanangan ini, ditandai dengan penandatanganan prasasti penetapan Provinsi Kepulauan Riau, oleh Gubernur HM Sani dalam puncak peringatakan Hari Anak Nasional (HANI) ke-55 di Kampung Sebaok Kelurahan Senggarang, Rabu 27 Juli 2011.

Selain melaksanakan sejumlah kegiatan, dalam Peringatan HANI 2011 ini, Pemerintah Provinsi Kepri juga melaksanakan pembekalan dan pemantapan Forum Anak Provinsi Kepri, yang terdiri dari sejumlah Forum anak di tujuh kabupaten/kota.

"Selain itu kita juga melakukan sejumlah kegiatan luar dan dalam, serta diskusi anak dalam merumuskan Suara Hati anak, yang menghasilkan rekomendasi tuntutan dan harapan anak pada Gubernur, wali kota serta pejabat lanya di Provinsi Kepri," kata Tjetjep Yudiawan, ketua panitia kegiatan.

Sempena dengan perayaan Hani 2011 ini, tambah Tjejep, Pemerintah Provinsi Kepri juga mencanangkan provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan kelurahan di Provinsi Kepri yang ramah anak. Berdasarkan data lembaga sosial dan perlindungan anak di Provinsi Kepri, selama tahun 2011, terdapat 107 kasus yang dialami sejumlah anak-anak di Kepri, berupa kekerasan seksual, kekerasan fisik, penelantaran, trafficking, serta kasus lainya.

"Dengan momentum ini hendaknya sejumlah kasus tersebut dapat ditekan dan seluruh stakeholder pemerintah didaerah akan lebih meningkatakn perlindungan dan peningkatan kesejahteraan anak dimasa yang akan datang," ujarnya.

Dalam kesempatan itu Tjejep yang merupakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri ini juga mengharapkan adanya kesadaran seluruh unsur masyarakat dalam hal kepentingan anak, peningkatan perlindungan, dan menghentikan kekerasan seksual serta eksploitasi pada anak di bawah umur.

Selain diikuti sejumlah unsur pimpinan dan kepala daerah, kegiatan puncak HANI 2011 tingkat Provinsi Kepri saat ini yang diikuti ribuaan anak dari berbagai daerah kabupaten/kota di Provinsi Kepri, Gubernur dan Wali Kota Tanjungpinang juga berkesempatan membagikan sejumah bantuaan berupa parsel pada sejumlah anak-anak di Provinsi Kepri.