Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

IBM Smarter Manufacturing Day

Anggap Batam Potensial, IBM Perkenalkan 3 Software Baru
Oleh : Sumantri/Dodo
Rabu | 27-07-2011 | 15:27 WIB
Roy_Simangunsong.jpg Honda-Batam

Roy Arnold Simangunsong, GEO Expansion Leader IBM Indonesia

BATAM, batamtoday - Potensi geliat industri manufaktur di Batam, dinilai International Business Machine (IBM), sebagai pasar yang menggairahkan bagi produk perangkat lunak (software) yang ditawarkan oleh raksasa TI di segmen software/perangkat lunak tersebut. Atas dasar itu pula, IBM kembali hadir di Batam dalam sebuah business gathering yang dinamakan 'IBM Manufacturing Day' di Novotel Hotel Batam, pada Rabu, 27 Juli 2011. 

Menurut Roy Arnold Simangunsong, GEO Expansion Leader, IBM Indonesia, berbagai perusahaan manufaktur di Indonesia saat ini menghadapi tantangan berat, salah satunya adalah pengintegrasian dan pemanfaatan berbagai jenis informasi bisnis yang harus ditangkap secara komprehensif, dianalisa dan ditampilkan sesuai dengan kebutuhan industri pemanufakturan.

"Saat ini industri manufaktur sangat berperan dalam meningkatkan perekonomian nasioanl, terutama di daerah Batam, sangat menunjang pertumbuhan ekonomi sektoral. Inilah mengapa IBM terus menyajikan solusi-solusi manufaktur bernilai tinggi dalam bentuk produk software yang terintegrasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri," tutur Roy Simangunsong, kepada batamtoday.

Teknologi software yang ditawarkan oleh IBM untuk keperluan Industri khususnya manufaktur, antara lain adalah Solusi IBM Cognos, yaitu solusi perencanaan yang terintegrasi dan disebut juga dengan business intelligence. Selain itu IBM juga memperkenalkan IBM Maximo Asset Management, sebuah perangkat lunak yang mampu menciptakan penyimpanan data yang terintegrasi dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Dan yang terakhir adalah IBM Webspher Cast Iron yang menghadirkan tersambungnya berbagai aplikasi dari berbagai perangkat penunjang melalui teknologi yang ditawarkan oleh IBM. Webspher juga menawarkan sebuah platform yang lengkap untuk mengintegrasikan beragam aplikasi.

"Sejatinya, IBM terus memperluas kerjasamanya dengan banyak pihak dengan skala nasional maupun internasional, untuk menciptakan solusi-solusi aplikasi yang dapat meningkatkan daya saing perusahaan dan peningkatan produktifitas dan kinerja perusahaan," ujar Roy.

Diharapkan dengan adanya pendekatan melalui 'IBM Manufactruing Day' ini, dapat mengantarkan solusi-solusi yang dapat dimanfaatkan oleh semua industri di Batam, tidak hanya sektor manufaktur tetapi juga sektor-sektor lain seperti ritel, galangan kapal, perbankan dan sektor UMKM.