Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DAU Kepri pada 2016 Naik Sangat Signifikan
Oleh : Irawan
Kamis | 22-10-2015 | 12:00 WIB
haripinto-lagi.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Senator Haripinto Tanuwidjaja, Anggota Komite IV DPD RI asal Provinsi Kepulauan Riau

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Dana Alokasi Umum (DAU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) naik sangat signifikan dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia pada 2016 mendatang.


Kenaikan tersebut merupakan bentuk kompensasi dari pemerintah pusat atas pemangkasan Dana Bagi Hasil (DBH) Minyak dan Gas (Migas) yang diterima Provinsi Kepri pada 2015,  akibat menurunnya harga minyah mentah dunia.

"Masalah DAU Kepri sudah dijanjikan naik sangat signifikan oleh Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan saat Rapat Kerja dengan Komite IV DPD," kata Haripinto Tanuwidjaja, Anggota Komite IV DPD RI di Jakarta, Kamis (22/10/2015).

Menurut Haripinto, pemerintah sepakat memberikan kompensasi kepada daerah penghasil Migas, karena DAU-nya yang diterimanya dipotong akibat penurunan harga minyak dunia.

"Bukan hanya Kepri saja yang dapat kompensasi dari pusat kenaikan DAU yang sangat signifikan, tetapi juga penghasil Migas lainnya. Itu janji pemerintah, dan akan dibahas bersama DPR," katanya.

Pemberian kompensasi tersebut, kata Haripinto, merupakan hasil perjuanganya bersama para anggota DPD RI yang daerahnya merupakann penghasil Migas.

"Untuk peningkatan DAU Kepri, saya memperjuangkan peningkatan untuk Kepri, karena DBH Migas yang diterima menurun, akibat harga minyak dunia trennya menurun.  Pemerintah sepakat memberikan kompensasi dalam APBN 2016," kata Senator asal Provinsi Kepri ini.

Dengan adanya peningkatan DAU yang signifikan itu, lanjut Haripinto, pemerintah daerah diharapkan makin serius untuk membangun infrastruktur dasar seperti ketersedian listrik, sanitasi air, jalan darat, membuka konektifitas antara pulau, serta memperbaiki iklim investasi dan industri di daerah.

Haripinto menambahkan, DPD RI akan terus memperjuangkan kepentingan daerah dan aspirasi masyarakat di Kepri yang akan dijembatani ke pemerintah pusat.

"Kita berharap pemerintah daerah dapat berkomunikasi terus dengan DPD. Apabila ada aspirasi dan kepentingan daerah yang harus kita perjuangkan, ya kita perjuangkan secara maksimal seperti soal DAU. DPD RI itu memperjuangkan kepentingan daerah di pusat," katanya.

Editor: Surya