Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiongkok dan Inggris Sepakati Bisnis Miliaran Dolar
Oleh : Redaksi
Rabu | 22-10-2015 | 09:28 WIB
A8026BC7-9FAC-4979-BAD7-A30DD42B6BDC_w640_r1_s.jpg Honda-Batam
Presiden China Xi Jinping (dua dari kanan) bertemu dengan PM Inggris David Cameron (empat dari kiri) dan para anggota senior pemerintahan Inggris di London (21/10). (Foto: AP)

BATAMTODAY.COM, London - China dan Inggris akan menandatangani perjanjian bisnis bernilai miliaran dolar, ketika Presiden Xi Jinping bertemu Perdana Menteri David Cameron pada hari kedua kunjungan pemimpin China itu ke Inggris.

Kedua pemimpin itu diperkirakan akan mengumumkan secara resmi perjanjian besar yang memungkinkan para investor China membiayai sepertiga biaya pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Hinkley Point C. PLTN itu akan dibangun oleh para kontraktor Perancis di Inggris barat laut.

National Petroleum Corporation milik Tiongkok dan perusahaan minyak BP milik Inggris juga diperkirakan akan menyepakati beberapa proyek pembangunan bersama.

Secara keseluruhan, para pejabat Inggris mengatakan perjanjian bernilai 46 miliar dolar akan diumumkan dalam kunjungan Xi selama empat hari. (Sumber: VOA Indonesia)

Editor: Dardani