Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rektorat Bersikukuh Wisuda Pakai Peci, Puluhan Mahasiswa Uniba Berdemo
Oleh : Ahmad Rohmadi
Senin | 12-10-2015 | 11:28 WIB
uniba-demo-peci.jpg Honda-Batam
Mahasiswa Uniba membakar ban sebagai wujud protes atas kebijakan rektorat kampus itu yang memberlakukan penggunaan peci saat wisuda. (Foto: Ahmad Rohmadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan Mahasiswa Universitas Batam (Uniba) kembali berunjuk rasa menolak untuk diwisuda dengan menggunakan peci.

Sofu salah satu mahasiswa fakultas hukum dalam orasinya menuntut agar pihak Rektorat dan Yayasan memberikan haknya sesuai dengan layaknya para wisuda biasanya.

"Hanya Uniba yang wisuda menggunakan peci, kami sudah bayar mahal. Kami menolak wisuda jika menggunakan peci kami meminta toga," kata Sofu saat berorasi," Senin (12/10/2015).

Namun sayangnya orasi dan tuntutan yang disuarakan para mahasiswa di depan gedung Fakultas Kedokteran itu tidak didengar sama sekali oleh pihak rektorat dan yayasan.

Rektor Uniba, Novirman Jamarun saat menemui para mahasiswa pun menegaskan bahwa pihaknya tetap tidak akan mengubah keputusannya.

"Mulai hari ini dan seterusnya wisuda di Uniba akan tetap menggunakan peci. Kalau tidak mau wisuda silahkan," kata Nomirman yang langsung kembali masuk gedung.

Jawaban dari rektor tersebut langsung menyulut emosi para mahasiswa, dan yang langsung membakar ban bekas.

Sampai pukul 10.15 WIB para mahasiswa masih menduduki halaman gedung kampus. Sedangkan pihak Kepolisian menjaga ketat saat unjuk rasa berlangsung.

Editor: Dodo