Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekali Gemuk Sulit Kembali Kurus
Oleh : sn
Senin | 25-07-2011 | 17:15 WIB
zgemuk.jpg Honda-Batam

ilustrasi orang gemuk

BATAM, batamtoday - Jagalah tubuh Anda jangan sampai mengalami kegemukan. Sebab, sekali Anda gemuk sulit kembali kurus.

Hasil penelitian mengungkapkan, sekali seseorang mengalami kegemukan dia akan sulit kembali kurus. Begitulah temuan penelitian dari Medical Research Council’s National Survey of Health and Development.

Penelitian melibatkan puluhan ribu responden, terdiri dari 5.362 pria dan wanita yang lahir pada 1946 dan 20 pria dan wanita yang lahir pada 1958. Mereka diikuti kehidupannya dan dicatat berapa berat badan dan tekanan darahnya.

Selama diteliti, para peneliti menemukan, kedua kelompok usia itu sama-sama mengalami kenaikan berat badan pada 1980-an. Berat badan mereka naik terus secara bertahap.

Menurut pimpinan penelitian Rebecca Hardy, sulit mengembalikan orang yang terlanjur gemuk menjadi kurus. "Sekali orang menjadi gemuk, mereka akan terus naik berat badannya. Mereka sangat sulit kembali kurus," katanya seperti dilansir daily mail.

Hanya beberapa saja orang bisa menurunkan berat badan ke berat semula. Jadi, "Cara terbaik adalah orang harus berusaha untuk tidak gemuk," ucap Hardy.

Dalam penelitian itu terungkap juga, pada pria penambahan berat badan terjadi secara bertahap sepanjang hidupnya. Sedangkan pada wanita, penambahan berat badan terjadi perlahan dan semakin bertambah saat memasuki usia 30-an.

Namun, studi ini tidaklah menganggap bahwa diet tidak berguna. Tetapi, mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga, berguna membuat hidup lebih sehat.