Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kejuaraan Tinju Ampro Internasional Tanjungpinang

Petinju Wanita Vikalido Asal Batam Tantang Petinju Malaysia
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 30-09-2015 | 11:55 WIB
Andi_Y_Bronco_Saat_Berlatih.jpg Honda-Batam
Sesi latihan Andi Y Bronco. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Promotor Tinju Amatair dan Profesional (Ampro) Internasional dari Santos Promotins Tanjungpinang, serta pelatih dari sejumlah Sasana Tinju di Batam dan Tanjungpinang, sepakat menyatakan sangat mendukung bangkitnya olah raga tinju amatir dan profesional sebagaimana yang dilaksanakan Santor Promotions di Tanjungpinang pada 14 November 2015 mendatang.   

George Santos, sang promotor mengatakan, akibat minimnya event dan pelaksanaan pertandingan, mengakibatkan atlet dan olah raga tinju di Kepri bak mati suri. "Oleh sebeb itu kami dari Santor Promotions, ingin kembali mengangkat citra tinju amatir dan profesional di Kepri dengan menggelar kejuaraan ini," ujar George Santos ketika ditemui BATAMTODAY.COM saat menyaksikan kegiatan sparing patner di lapangan Volley Aston Tanjungpinang, Selasa,(29/09/2015).

Menurut Gerorge Santos, yang merupakan Promotor Event Tinju Sabuk Emas Kapolres Tanjungpinang itu, redupnya tinju amatir dan profesinal di Kepri tidak lain karena kurangnya frekuensi pertandingan dan minimnya alokasi anggaran. "Hal ini yang menjadi motivasi kami untuk ingin kembali mengangkat tinju amatir dan profesional di Kepri yang sebelumnya sangat marak,"jelasnya.

Sementara itu Azman P dan Randy Hutagalung, sebagai pelatih tiga petinju Tanjungpinang mengatakan, atetnya telah siap turun di event tinju amatair dan profesional yang akan digelar Santos Promotion pada 14 November 2015 di GOR Kaca Puri Tanjungpinang itu. 

"Ketiga petinju dalam kondisi prima dan siap bertanding, hingga saat ini kami terus berupaya memberikan sesi latihan yang tidak seperti pada waktu awal latihan. Ini kami lakukan karena kami berupaya menjaga kondisi fisik dan stamina setiap petinju agar tidak mengalami cidera fisik dan otot," kata Azman pelatih tinju yang didatangkan dari Sumatera Barat.

Sementara itu, pelatih tinju Randy Hutagalung yang berasal dari Jakarata mengharapkan, ketiga petinju Tanjungpinang, Andy Y Bronco Rain dari Sasana Tinju Polres Tanjungpinang, Syahrial dari Sasana Tinju Angkasa Pura Lanud Boxing Camp dan Pranda idil dari sasana Tinju Best Teep Tanjungpinang dapat tetap menjaga stamina dan kondisi fisik serta otot sampai nantinya menjelang pertandingan. 

"Kami selalu menekankan agar ketiga petinju dapat menjaga stamina mereka sampai jadwal pertandingan nanti. Dan jangan melakukan gerakan yang dapat membahayakan dan mengakibatkan luka dan cidera otot," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Tinju Amatir dan Profesional Santos Promotins, Rachmat Nasution mengatakan, jika situasinya mendukung dan fasilitas pelaksanaan pertadingan tinju di GOR  Kaca Puri Tanjungpinang memadai, pihaknya akan terus menggelar kejuaraan tinju dan kegiatan lain di Tanjungpinang.

Di sisi lain, R.Jon Pelatih kepala sasana Wira Boxing Camp Batam mengatakan, pihaknya punya banyak petinju berbakat, termasuk Vikalido Butarbutar, yang merupakan petinju perempuan satu satunya yang masih duduk dibangku SMA 4 Batam, 

R. Jon memastikan, Vika akan tampil dalam event yang memperebutkan sabuk emas Kapolres Tanjungpinang 14 November 2015 itu. Vika Lido Butarbutar adalah juara tinju nasional Indonesia di kelasnya. Via akan menjajal kekuatan pukulan petinju wanita Malaysia Lee Ai jin.  "Saat ini kondisi stamina dan fisik sangat prima untuk bertarung menghadapi Lee Ai Jin," jelas R.Jon optimis. 

Editor: Dardani