Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekjen FIFA Jerome Valcke, Dicopot!
Oleh : BBC Indonesia
Jum'at | 18-09-2015 | 15:02 WIB
141126022641_jerome_valcke_fifa_640x360_ap.jpg Honda-Batam
Sekjen FIFA Jerome Valcke (Foto : AP)

BATAMTODAY.COM, Zurich - Sekjen FIFA Jerome Valcke telah dipaksa cuti dan dibebaskan dari tugas-tugasnya hingga ada pemberitahuan lebih lanjut.

Sebuah pernyataan FIFA mengatakan mereka "menyadari adanya serangkaian tuduhan yang melibatkan sekretaris jenderal". Pada hari Kamis (17/09) berbagai koran menuduh Valcke, 54, terlibat dalam rencana untuk menjual tiket Piala Dunia lebih mahal dari semestinya.

Pria Prancis, yang menjabat di FIFA sejak 2007, katanya membantah tuduhan "yang dibuat dan keterlaluan" tersebut. Badan Sepak bola dunia FIFA dituduh korupsi sejak bulan Mei, ketika polisi menggerebek sebuah hotel Swiss di Zurich dan menangkap tujuh eksekutif puncaknya.

Pejabat Amerika Serikat sejak saat itu mendakwa tujuh pejabat FIFA dan dua pejabat lainnya atas tuduhan suap dan pemerasan biaya.
Presiden FIFA Presiden Sepp Blatter kemudian mengumumkan bahwa ia akan mundur hanya beberapa hari setelah memenangkan pemilihan kembali pada bulan Juni.

Valcke, yang bulan lalu sedang mempertimbangkan untuk menjadi presiden baru FIFA, adalah orang kedua Blatter di organisasi tersebu, tapi sekarang menghadapi penyelidikan resmi formal komite etik FIFA.

Sebelumnya pada hari Kamis (17/09) Eugenio Figueredo, salah satu dari tujuh pejabat yang ditangkap pada bulan Mei, mendapat persetujuan untuk diekstradisi ke Amerika Serikat.

Selain penyelidikan AS, penyelidik Swiss sedang menelusuri apakah terdapat kasus korupsi pada proses tender untuk Piala Dunia 2018 dan 2022.

FIFA baru-baru ini mendirikan sebuah satuan tugas untuk mengatasi korupsi yang bertujuan untuk "memulihkan integritas dan reputasi" organisasi.

Editor: Dardani