Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Daging Ayam Naik Jelang Ramadhan
Oleh : Gokli/Dodo
Jum'at | 22-07-2011 | 10:16 WIB

BATAM, batamtoday - Harga daging ayam di Batam mulai naik Rp2 ribu dari Rp23 ribu menjadi Rp25 ribu per kilogramnya pada sepekan sebelum bulan Ramadhan tiba.

"Itu harga untuk daging ayam potong," kata Cecep, penjual daging ayam di Pasar Aviari, Batuaji kepada batamtoday, Jumat, 22 Juli 2011.

Cecep mengatakan kenaikan harga ini terjadi pada pekan ini dikarenakan peningkatan konsumen. Dia juga menyebutkan meski terjadi peningkatan harga dan permintaan, namun suplai daging ayam masih tergolong lancar.

Sebagai pedagang, Cecep belum bisa memastikan kapan akan terjadinya penurunan. Namun menurutnya, seperti trend yang terjadi pada tahun sebelumnya, harga daging ayam memang mengalami kenaikan pada jelang Ramadhan dan baru mengalami penurunan usai Idul Fitri.

Sementara itu, kenaikan harga daging ayam juga terjadi di Pasar Nasa, Batam Center. Acuan, pedagang daging di pasar tersebut mengatakan kenaikan berada di kisaran Rp2 ribu hingga Rp3 ribu.

"Di sini harga ayam potong per kilonya Rp26 ribu," kata dia.

Namun Acuan menyebutkan kenaikan harga daging ayam ini tidak diikuti dengan kenaikan harga daging sapi. Menurutnya, harga daging sapi ini masih dalam batas normal di kisaran Rp55 ribu per kilogram.

Kenaikan harga tersebut tidak membuat Yulianty, warga Taman Raya mengeluh. Menurutnya kenaikan harga saat menjelang Ramadhan merupakan hal yang biasa.

"Yang penting barangnya tersedia, minimal sampai menjelang Idul Fitri nanti," kata Yuli, saat berbelanja di Pasar Nasa.