Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peningkatan Fasilitas bagi Penyandang Cacat Jadi Perhatian Liga Primer
Oleh : Redaksi
Selasa | 15-09-2015 | 11:22 WIB

BATAMTODAY.COM - Perbaikan sarana bagi pendukung yang merupakan penyandang cacat fisik menjadi kesepakatan seluruh klub yang bermain di Liga Primer Inggris sebelum Agustus 2017.

Mengutip investigasi yang dilakukan oleh Kantor Berita BBC, ada sebanyak 17 klub Liga Primer yang tidak menyediakan tempat yang cukup bagi penonton pengguna kursi roda.

Seluruh klub anggota Liga Primer sepakat untuk memperbaiki sarana bagi para pendukung yang menyandang cacat fisik sebelum Agustus 2017.

Sekarang ini, 15 dari 20 klub harus meningkatkan kapasitasnya untuk memenuhi ketentuan stadion yang ramah kaum difabel.

Hari Senin (14/9/2015) lalu, laporan pemerintah mempermasalahkan fasilitas dan dukungan yang tak memadai bagi para fans difabel di stadion-stadion Liga Primer.

Menteri urusan penyandang cacat, Justin Tomlinson MP mengatakan, "nalar awam bisa membereskan" berbagai masalah itu, namun mengakui bahwa ada beberapa hal "yang membutuhkan kerja keras."

"Jujur saja, tak sedikit (fasilitas bagi difabel) yang memalukan," katanya kepada BBC Sport.

"Di beberapa stadion, tak ada pengaturannya. Para pendukung itu ditempatkan di mana saja (terpisah dari teman dan keluarganya), atau ditempatkan bersama pendukung tim lawan. Ini sungguh tak bisa diterima.

Pernyataan Liga Primer menyebutkan, "Akses bagi para penyandang cacat dibahas dalam para pemangku kepentingan Liga Primer pekan lalu, dan menghasilkan sejumlah kesepakatan."

Kesepakatan-kesepakatan itu meliputi:
- Keharusan klub menyediakan tempat di stadion bagi segala jenis penyandang cacat.
Klub harus meyediakan informasi seperti jarak ke stadion dari tempat parkir sekitar, naik turunnya trotoar, dsb.
- Penyandang cacat harus bisa membeli tiket secara online, dan menyediakan tempat duduk untuk kursi roda, yang memungkinkan penonton difabel untuk duduk bersama teman dan keluarganya.
- Klub harus menyediakan informasi transportasi terkini dari dan ke stadion.
- Para petugas pertandingan dan klub harus mendapat pelatihan terkait kaum difabel, dan perlakuan sewenang-wenang terhadap para penyandang cacat tidak boleh ditoleransi.
- Klub harus meningkatkan jumlah tempat bagi pengguna kursi roda di stadion-stadion dengan tambahan 10.000 kursi.

Sumber: BBC