Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nissan Hadirkan Juke-R yang Lebih Gahar
Oleh : autocarindonesia.com
Jum'at | 11-09-2015 | 10:15 WIB
nisan_juke_baru.jpg Honda-Batam
Nissan Juke-R 2.0. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM - MENGAMBIL momen perayaan hari lahir tahun ke-5 Nissan Juke, Nissan menghadirkan Juke-R dengan tenaga yang lebih besar dari Juke-R yang telah beredar di pasaran, hingga sekitar 55 hp lebih besar, yaitu Juke-R 2.0. Nissan Juke-R 2.0 melakukan debutnya di ajang akan tahunan Goodwood Festival of Speed di Inggris bulan Juni 2015 silam.

Nissan Juke-R 2.0 masih menggunakan mesin "monster" yang sama dengan pendahulunya, yakni jantung mekanis Nissan GT-R V6 3,8 liter twin-turbo namun telah ditingkatkan hingga dapat menyemburkan tenaga 600 hp, atau setara dengan GT-R Nismo yang ada sekarang. Mesin tersebut diklaim dapat mengajak Juke R 2.0 berakselerasi 0-100 kpj hanya dalam waktu 3 detik dengan kecepatan puncak 321 kpj. Kendati tenaga ditingkatkan, karakteristik pengendaraan tidak ada yang diubah.

Selain dari peningkatan performa, Juke-R 2.0 juga mendapat sejumlah peningkatan gaya tampilan mengikuti dari Juke standar terbaru 2015, dengan desain lampu depan dan belakang, lampu DRL, dan grille V-motion terbaru. Selain itu, kap mesin juga diadopsi dari Juke 2015 dan telah dibenamkan saluran udara pendingin dari bahan serat karbon, yang posisinya sedikit mengalami perubahan dibanding Juke-R pendahulunya untuk meningkatkan pendinginan mesin dan turbo lebih baik.

Bagian bumper depan berbahan serat karbon didesain ulang dari segi estetika dan fungsionalitasnya. Tempat masuknya udara diperbesar untuk memenuhi permintaan pendinginan mesin lebih seraya peningkatan daya mesin.

Sementara di bumper belakang, yang juga sepenuhnya berbahan serat karbon, diberi diffuser karbon yang sangat kentara. Selain dari bumper, sejumlah bagian bodi lainnya juga merupakan serat karbon, seperti sayap belakang dan sills samping. Untuk bagian velg, Juke-R 2.0 juga menggunakan desain baru.

Nissan belum memberi keterangan rencana untuk menjual Juke-R 2.0, namun menurut laporan terakhir Juke-R 2.0 hanya akan diproduksi terbatas sebanyak 17 unit saja. Rumor mengatakan banderol harga 500.000 euro akan diterapkan untuk mobil ini. (*)

Editor: Roelan