Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekolah Swasta Sepi Murid, Menteri Anies Imbau Perbaiki Mutu
Oleh : Habibi
Selasa | 25-08-2015 | 14:27 WIB
anies-baswedan-lagi.jpg Honda-Batam
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Anies Baswedan.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Anies Baswedan mengimbau agar sekolah swasta memperbaiki mutu. Baik itu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) ataupun sarana dan pra sarana sekolah harus ditingkatkan.

"Yang terpenting itu, meningkatkan mutu pendidikan, jangan hanya memperebutkan kuota masuk sekolah," ujar Anies saat diwawancarai usai membuka Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Palembang, Senin (23/8/2015).

Terkait hal itu, Anies meminta semua pihak tidak menyudutkan satu sama lain, baik itu sekolah negeri, pemerintah atau siapapun. Dia mengatakan, ada sekitar 208.000 sekolah di Indonesia dan 50 persen didominasi oleh sekolah swasta. Maka dari itu, sekolah swasta harusnya tidak perlu "takut" dengan pilihan siswa.

"Biarkan siswa yang menilai, jika memang sekolah swasta sepi, mungkin bisa intropeksi dan membuat kemajuan yang lebih baik. Tingkatkan kualitas, agar kembali diminati," ujar Anies.

Anis menambahkan, sekolah negeri dan swasta sebenarnya sama saja pola belajar dan pendidikannya. Karena tergantung dengan kurikulum yang diterapkan secara nasional.

"Tapi ada faktor x kenapa sekolah itu jadi favorit, hal itu yang harus dicontoh sekolah swasta. Setelah itu dilakukan, biar masyarakat yang menilai," ujar Anies.

Anies berharap, sekolah swasta dapat meningkatkan mutu, guna membantu pemerintah dalam menampung siswa pada tahun ajaran baru.

Editor: Dodo