Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah 6 Manfaat Tidur Siang
Oleh : Deutsche Welle
Senin | 24-08-2015 | 09:15 WIB
tidur.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM - ANDA merasa kurang produktif di tempat kerja? Mungkin tubuh Anda membutuhkan istirahat yang lebih banyak.

Menurut pakar, tidur siang bisa menjadi solusi. Apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh setelah tidur siang?

1. Suplai Energi Bagi Tubuh
Kebanyakan manusia membutuhkan tidur dua kali dalam sehari. Tanpa tidur siang, produktivitas akan turun dan suasana hati menjadi tidak stabil. Hasil studi menunjukkan, setelah tidur siang, detak jantung akan turun 5 persen dan kemampuan berkonsentrasi meningkat 30 persen.

2. Lebih Waspada
Istirahat yang cukup, penting agar kita tidak melakukan banyak kesalahan saat bekerja. Tidur siang turut membantu dan mendukung tubuh Anda untuk dapat melewati hari kerja yang berat.

3. Pertajam Indera
Setelah tidur siang, suara dan warna akan terdengar dan terlihat lebih jelas, terang, dan lebih tajam. Daya pendengaran meningkat hingga 3 dB.

4. Menjadi Pasangan yang Lebih Baik
Tubuh yang mendapat istirahat cukup, aliran darahnya meningkat 7 persen sehingga mampu mencapai semua bagian tubuh. Energi yang maksimal ini, dikatakan oleh pakar akan membantu meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan. Anda akan merasa ingin melakukan berbagai aktivitas berdua dengan pasangan dan bersenang-senang bersama.

5. Menjaga Berat Badan
Jika Anda tidur lebih banyak, upaya mengurangi berat badan akan lebih efektif. Karena tubuh memperoleh istirahat dan rotasi yang diperlukan untuk keperluan metabolisme. Hasil studi juga menunjukkan, gizi dan vitamin dicerna secara lebih efektif saat Anda tidur siang.

6. Berpikir Lebih Positif
Sekelompok orang diundang untuk oleh peneliti untuk mengikuti sesi tanya jawab. Mereka yang sudah tidur siang, jawabannya lebih positif dibandingkan peserta yang tidak tidur siang sebelumnya. Para pakar mengatakan, tingkat stres akan berkurang jika tubuh beristirahat dengan cukup. (*)

Editor: Roelan