Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

93 RKB Dibangun, Disdik Batam Prioritaskan untuk Sekolah Dasar
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 21-08-2015 | 13:12 WIB
muslim-bidin-baru.jpg Honda-Batam
Muslim Bidin, Kepala Disdik Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, membangun 93 ruang kelas baru (RKB) di seluruh jenjang dari SD hingga SMA. Pembangunan RKB tersebut untuk menambah kapasitas ruang belajar siswa yang mengalami kekurangan kelas.

"Saat ini sudah berjalan proses pembangunananya. Tapi untuk hinterlen tidak ada penambahan ruang kelas baru," ujar Muslim Bidin, Kepala Disdik Batam kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (21/08/2015).

Muslim mengatakan tidak tau persis rincian ruang kelas baru untuk per jenjang pendidikan dari SD hingga SMA. Namun demikian, pihaknya memprioritaskan pembangunan di jenjang SD.

"Dari 93 ruang kelas, diprioritaskan untuk SD. Karena jumlah anak yang masuk tahun ini hampir mencapai 18 ribu," katanya.

Pembangunan RKB SD diprioritaskan di wilayah padat penduduk, yaitu Seibeduk, Batam Kota, Sagulung, Batuampar dan Batuaji. "Kalau padat penduduk satu sekolah bisa 3-4 ruang kelas baru untuk SD. Tapi penambahan RKB juga sesuai jumlah siswa yang ada," katanya.

Muslim menjelaskan dana yang digunakan untuk membangun 93 ruang kelas baru itu salah satu sumbernya dari APBN yang dialokasikan melalui dana alokasi khusus (DAK) yang sifatnya swakelola.

"Jadi Disdik sifatnya hanya mengawasi proyek. Sementara pusat mencari kontraktornya," pungkasnya.  

Editor: Dodo