Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Semester Pertama, Banyak Silpa di SKPD Batam
Oleh : Ahmad Rohmadi
Jum'at | 21-08-2015 | 12:47 WIB
udin-p-sihaloho-merah.jpg Honda-Batam
Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Batam, Udin P Sihaloho.

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Batam, Udin P Sihaloho mengatakan pada semester pertama banyak satuan kerja perangkat daerah (SKPD) memiliki sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) dari APBD murni.

Bahkan ia memprediksi pada Dinas Tata Kota (Distako) dan Pekerjaan Umum (PU) masing-masing akan mempunyai Silpa hingga 30 persen.

"Paling banyak itu Distako dan PU, rata-rata sekitar 30 persen serapannya ," kata Udin, Jumat (20/8/2015).

Ia menjelaskan pada APBD Perubahan nanti dipastikan SKPD tersebut akan meminta tambahan anggaran dengan alasan banyak kegiatan yang membutuhkan dana tambahan.

Ia pun menyatakan, banyak SKPD yang terkadang gelagapan saat ditanyai kemana saja anggaran yang sudah dialokasikan. "Anggaran maunya besar tapi realisasinya tidak ada," ujarnya.

Selain itu, politisi PDI Perjuangan itu juga mengatakan, untuk SKPD yang melakukan proses lelang dalam setiap kegiatannya, dipastikan tidak akan berjalan tepat waktu.

Salah satu yang disorotinya adalah pembangunan 93 ruang kelas baru (RKB) yang menggunakan anggaran murni. Ia katakan Dinas Pendidikan tidak terbuka atau menyampaikan ke komisi dimana-mana saja pembangunan RKB dilakukan.

Menurutnya jika proses tender baru dilakukan pada Agustus, tidak memungkin bisa selesai pada Desember. "Bayangkan mulai dari tender sampai pemenangan membutuhkan 45 hari sampai masa sanggah," katanya.

Editor: Dodo