Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

293 Peluru Temuan, Belum Teridentifikasi Motif dan Pelakunya
Oleh : gokli/sn
Minggu | 17-07-2011 | 10:53 WIB
peluru1.JPG Honda-Batam

Di sinilah 293 butir peluru ditemukan, di tempat sampah. Tampak dua orang menunjukkan lokasi ditemukannya ratusan peluru itu. batamtoday/gokli 

BATAM, batamtoday - Polisi belum mengetahui jenis senjata yang menggunakan 293 butir peluru atau amunisi yang ditemukan. Namun, diduga pengguna amunisi tersebut adalah senjata jenis lama. Sementara motif dan pelaku yang membuang ratusan peluru itu ke tempat sampah di belakang Kantor Bea Cukai, Sagulung, belum teridentifikasi.

Dari penyelidikan polisi, peluru temuan itu diperkirakan digunakan oleh senjata jenis lama. Menurut  Kapolsek Batuaji Kompol Jamaluddin menduga, peluru tersebut terdiri dari 7 butir amunisi senjata laras panjang dan 285 butir amunisi senjata laras pendek, dan kemunkinan senjata yang menggunakan amunisi ini adalah senjata jenis lama. "Tidak ada yang identik dengan jenis amunisi sekarang," katanya.

Sebagaimana dilansir batamtoday, Jum'at (15/7/2011), 293 peluru yang ditemukan Rasidi Zainal di belakang Kantor Bea Cukai Sagulung, hingga kini belum diketahui senjata apa yang menggunakan amunisi tersebut. Demikian pula soal jumlah aktif tidaknya ratusan peluru tersebut, juga belum diketahui.

Jamaluddin juga menjelaskan, polisi masih melengkapi hasil pemeriksaan saksi, setelah itu peluru tersebut akan segera diserahkan ke tim ahli balistik Polresta Balerang. "Peluru akan kita serahkan ke Polres, setelah  data pemeriksaan saksi lengkap," ujar Jamaluddin.

Selain itu, polisi juga belum mengetahui apa motif dari pelaku yang membuang peluru dalam tong sampah di belakang Kantor Bea Cukai Sagulung tersebut. Demikian halnya soal siapa orang yang dicurigai sebagai pemilik peluru tersebut, polisi belum mengetahuinya.