Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Deddy Mizwar: Tontonlah Film Bermutu
Oleh : Redaksi
Jum'at | 17-12-2010 | 00:09 WIB

Batam, batamtoday - Aktor kawakan Deddy Mizwar berharap masyarakat kritis dengan hanya menonton film-film bermutu sehingga film-film yang tidak bermutu akan hilang dengan sendirinya, dan film-film yang baik akan muncul dengan sendirinya.

Dalam merangsang kemunculan film-film bermutu, kata Deddy, masyarakat harus aktif. semisal, membentuk komunitas di kalangan mahasiswa, mereka hanya menonton film-film yang bagus, dan selanjutnya didiskusikan.

"Dalam sebuah keluarga misalnya, ajak keluarga untuk hanya menonton film-film yang bagus, kalau yang tidak perlu ditonton, tidak usah. Nantinya kan banyak bermunculan film-film yang bagus dan bermutu," katanya.

Deddy mengatakan, kalau tidak ada yang menonton film-film yang kurang bermutu, secara tidak langsung akan merangsang banyaknya film bermutu, sebab untuk apa membuat film kalau nantinya tidak ada yang menonton.

"Saya optimistis jika kesadaran dari masyarakat terhadap film-film bagus muncul, maka kondisi perfilman Indonesia pelan-pelan akan berubah lebih baik, setidaknya dalam kurun 10-20 tahun mendatang," katanya.

Namun, lanjut Deddy, upaya penyadaran itu harus dimulai dari sekarang, sebab perubahan tidak mungkin tanpa adanya gerakan, seperti kalangan mahasiswa membentuk komunitas, atau minimal jadilah penonton film bermutu.

Sementara, terkait tayangan televisi, menurut Deddy, berkorelasi dengan itu angka kemiskinan di Indonesia saat ini yang masih cukup tinggi, dan mereka mencari sarana hiburan dengan menonton tayangan di televisi.

Mereka yang tidak punya televisi, kata Deddy, bisa saja menumpang menonton di rumah tetangganya, atau di kantor kelurahan. "Sayangnya, tidak semua tayangan di televisi bagus, namun masyarakat tidak punya pilihan. Akhirnya, ada acara yang kontennya tak terlalu bagus tetapi memiliki rating tinggi. Itu yang digunakan dijadikan acuan," katanya.