Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Catatan dan Rekomendasi Pansus DPRD Kepri untuk LKPJ Duo HMS
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 30-07-2015 | 18:46 WIB
iskandarsyah-lkpj.jpg Honda-Batam
Iskandarsyah, Ketua Pansus LKPJ-AMJ ‎DPRD Kepri saat memberikan laporan.

‎BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pansus LKPJ-AMJ DPRD Kepri ‎mengatakan kedepan, visi dan misi pembangunan Provinsi Kepri, sebaiknya berbasis pada potensi keunggulan daerah, khususnya kelautan dan perikanan agar dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, khususnya nelayan. 

"Pada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepri yang terpilih pada Pilkada mendatang, diharapkan dapat mengarahkan visi dan misinya pada basis maritim serta meningkatkan fiskal daerah, dengan menggali sejumlah potensi PAD," kata Iskandarsyah sebagai Ketua Pansus LKPJ-AMJ ‎DPRD Kepri dalam laporan akhirnya, Kamis (30/7/2015). 

Selain itu, Gubernur sebagai perwakilan Pemerintah Pusat di Daerah, juga diharapkan, dapat menyelaraskan pembangunan di kabupaten/kota, sebagaimana yang direncanakan di Pusat dan Provinsi. 

Adapun kesimpulan Pansus LKPJ-AMJ DPRD, Iskandar mengatakan kinerja keuangan, PAD, serta serapan APBD selama 5 tahun Sani dan Soerya menjabat dikatakan sudah berjalan dengan cukup baik. 

"Namun demikian, Pansus juga menyoroti, perlunya standar baku pengucuran keberhasilan, berupa target, outcome atau manfaat yang dirasakan masyarakat, dari ‎sejumlah pembangunan yang telah dilakukan," ujarnya. 

Selain itu, Pansus juga menyoroti, perlunya peningkatan kinerja BPPKAD Kepri kedepan, khususnya dalam pengelolaan keuangan agar dapat mempertahankan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian  (WTP) dari BPK-P dalam penatalaksaanan keuangan dan  pembangunan.

"Inventarisasi dan laporan aset pemerintah Provinsi Kepri dari Pemerintah Provinsi Riau kedepan harus dilengkapi agar perolehan WTP dalam pemeriksaan keuangan daerah dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Hal ini tentunya menjadi tugas dan tanggungjawab kepala daerah yang akan terpilih nantinya," kata Iskandar.  

Selain itu, Pansus juga menekankan pada semua SKPD Provinsi Kepri untuk dapat meningkatkan, PAD daerah dengan menggali seluruh potensi PAD agar keuangan fiskal daerah tidak hanya tergantung pada hasil DBH Migas Natuna dan Anambas dari Pusat. 

"Pansus LKPJ-AMJ DPRD juga menghimpun seluruh masukan, catatan, indikator dan rekomendasi yang disampaikan 6 Fraksi DPRD Kepri, menyangkut peningkatan pertumbuhan ekonomi Kepri kedepan, melalui SKPD bermainset enterpreneur," pungkasnya. 

Editor: Dodo